NEWS
DETAILS
Senin, 31 Oct 2022 11:37 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Saat ini banyak motor yang tidak dibekali dengan engkol atau kick starter. Motor-motor tersebut hanya mengandalkan starter elektrik.
Dengan hanya mengandalkan starter elektrik, komponen itu juga perlu perawatan. Jangan sampai satu-satunya cara menyalakan mesin motor justru bermasalah.

Sistem starter sepeda motor berfungsi untuk memutar poros engkol agar mesin siap untuk melakukan pembakaran, baik itu dengan prinsip 2 langkah atau 4 langkah. Jika sistem starter bermasalah, akan membuat sepeda motor kita sulit dinyalakan atau bahkan tidak bisa dinyalakan.

Mengingat fungsi sistem starter yang penting tersebut, kita perlu memperhatikan beberapa poin perawatannya, agar kita tidak mengalami masalah ketika hendak menyalakan sepeda motor.

Cek bagian starter
Perawatan yang bisa dilakukan yang pertama adalah dengan memeriksa rangkaian starter mulai dari socket-socket atau pada tombol starter yang kotor. Apalagi saat ini memasuki musim hujan, mungkin terdapat benda-benda asing yang dapat masuk pada komponen tersebut.

Lalu cek apakah terdapat kabel yang putus. Sebab, bukan hal yang tidak mungkin kabel starter putus karena gigitan tikus atau terdapat modifikasi di bagian tersebut.

Cek saklar starter di tuas rem

Khususnya motor matik, cara menghidupkan motor adalah dengan menekan starter dibarengi menarik tuas rem. Jika starter ngadat, mungkin masalahnya ada di saklar di tuas rem. Jika mesin tidak mau menyala saat menggunakan electric starter, cobalah untuk mengecek kondisi switch tersebut. Apabila switch kotor bisa dibersihkan dengan cairan pembersih khusus komponen elektrik.

Cek aki

Aki atau baterai merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah sepeda motor, karena komponen ini sebagai sumber arus kelistrikan motor salah satunya untuk sistem electric starter. Jika saat tombol starter ditekan namun motor starter atau dinamo starter diam tidak mau berputar, kemungkinan terdapat masalah pada baterai. Kemudian ada ciri lain jika baterai sudah mulai lemah yaitu proses starting motor yang berlangsung lama.

Jangan ditekan terus-menerus

Jika kondisi motor sulit dinyalakan, jangan terus-menerus menekan tombol starter karena akan menguras daya baterai. Semakin lama durasi menekan tombol starter maka semakin banyak energi yang terkuras dari baterai yang mengakibatkan kerja baterai semakin berat. Sebaiknya lakukan pengecekan lebih lanjut di bengkel.

Cek Switch Standar samping

Untuk menjaga keamanan motor matik honda dilengkapi dengan fitur Side Stand Switch dimana ketika standar samping diturunkan maka arus listrik akan dimatikan agar mesin tidak terjadi pembakaran, nah cek juga kondisi switch apabila motor susah dinyalakan menggunakan elektrik starter meskipun standar samping sudah dinaikkan.

Servis rutin

Biasanya, saat melakukan servis motor, para mekanik akan langsung memeriksa seluruh bagian motor termasuk pada sistem starter, pastikan sistem starter berfungsi dengan baik.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK