NEWS
DETAILS
Rabu, 20 Jul 2022 21:24 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Klakson adalah part yang memegang porsi yang sangat vital. Walaupun tanpa klaksonpun motor bisa berjalan, tapi absennya si pemilik suara nyaring ini bisa meningkatkan potensi kecelakaan yang bisa terjadi pada pengguna motornya. Oleh karena itu bisa dikatakan perannya hampir sama seperti lampu. Untuk membuat pengendara di depan kita tau akan keberadaan kita di belakangnya.

Tapi gimana dong kalau udah terlanjur gak bersuara? Ya jawaban singkatnya sih bawa aja ke bengkel dan buruan dibenerin. Tapi kalau misalnya urgent, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan nih supaya suara di klaksonmu kembali normal.  Atau paling gak, kamu jadi tau dimana terjadinya masalah matinya klaksonmu. Yuk kita lihat beberapa cara di bawah ini supaya klaksonmu bisa hidup lagi. 

Cek AKI
Sudah pasti yang dicek pertama adalah aki motormu.
Kamu harus cek bagaimana kondisi kelistrikan dari motormu ini.

Kabel klakson 
Jika aki sudah aman dan klaksonmu belum juga bunyi, mungkin kamu bisa cek di bagian wiring dari klaksonmu. Cek kabelnya apa masih tersambung semua atau tidak. Jika ada yang terlepas atau putus, mungkin bisa segera kamu sambung. 

Baut Platina
Jika masih belum bunyi juga, ada baiknya kamu cek baut platina yang ada di bagian belakang klakson motormu. Biasanya baut akan berubah posisi ketika motor melewati jalanan terjal nan berbatu. Bisa jadi itu yang membuat klakson motormu mati. 

Yang harus kamu lakukan adalah menyetel ulang baut platina dari belakang klakson tersebut. Setel ulang baut platinanya dengan cara membuka mur pengunci dengan tang dan memutar baut tersebut dengan obeng. Lakukan hal ini sembari menekan tombol klakson, supaya bisa klik secara presisi. 

Periksa keadaan saklar dari klaksonmu.
Hal yang terakhir harus dicek adalah sakelar dari klakson motormu. Bisa jadi saklar klaksonmu ini kotor dan harus dibersihkan. Bisa jadi juga ini efek kamu jarang mandiin motormu. Makanya, kamu harus sering – sering mencuci motormu dengan benar. 

Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah melepas rumah saklar dari stang motormu, setelah itu bersihkan menggunakan amplas halus. Menambahkan cairan antikarat akan sangat dianjurkan di tahap ini. Bersihkan sampaui bersih, biar nantinya kamu ga perlu bersihin part ini lagi. Setelah itu cobain klaksonmu. Apa udah bunyi sekarang? 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK