NEWS
DETAILS
Jumat, 21 Jan 2022 10:48 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Memanaskan sepeda motor di pagi hari adalah kegiatan yang rutin dilakukan oleh banyak orang. Hampir semua orang yang memiliki kendaraan bermotor melakukan kegiatan ini di pagi hari. 

Fungsi dari memanaskan motor sendiri adalah untuk menjaga supaya motor tetap dalam kondisi prima. Karena dengan dipanasin, oli dari motor tersebut akan kembali melumasi mesin setelah semalaman tidak dipakai. 

Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang bisanya dilakukan ketika memanaskan motor di pagi hari.

Nge-Gas di RPM Tinggi

Menggeber gasmu saat memanasi mesin motor memang sangat dianjurkan. Karena dengan membuka tuas gas pada pagi hari, proses pelumasan oli pada mesin akan berlangsung lebih cepat. 

Idealnya cukup sampai di angka 3000 rpm saja dalam membuka gas. Intensitasnya pun gak perlu terlalu tinggi, cukup beberapa kali saja dengan durasi yang lumayan.

Terlalu Lama

Dalam memanaskan sepeda motor tidak boleh terlalu lama cukup lakukan dalam 2 menit yang berkualitas saja sudah cukup untuk memanaskan Sepeda motormu. 

Memanaskan motor dalam waktu lama bisa membuat motor kita menjadi overheat terutama untuk motor yang menggunakan sistem pendinginan menggunakan udara. Selain bisa menyebabkan overheat, bahan bakar juga menjadi banyak yang terbuang sia-sia.

Tidak Menggunakan Choke

Untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator, penggunaan choke saat menyalakan sepeda motor sangatlah penting. Karena biasanya di pagi hari, sepeda motor seringkali mati ketika dipanasi di pagi hari.

Ketika karburator disetel di suhu yang lebih panas daripada pagi hari, tentunya dibutuhkan aliran bahan bakar lebih untuk sepeda motor agar bisa menyala di pagi hari. Atas hal itu, choke biasanya digunakan saat pertama kali menyalakan sepeda motor di pagi hari. 

Beda lagi dengan mesin yang memiliki teknologi injection. Motor dengan injeksi dapat secara otomatis mengetahui suhu sekitar, dan beradaptasi dengannya. 

Dilakukan di dalam ruangan

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh banyak pengendara dan sangat membahayakan kesehatan keluarga. Menyalakan motornya di dalam rumah karena asap knalpot menghasilkan gas Karbon Monoksida (CO) dan Karbon Dioksida (CO2) yang akan menyebar di dalam ruangan dan tentu saja hal tersebut tidak sehat

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK