NEWS
DETAILS
Senin, 18 Oct 2021 19:38 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Libur panjang menjadi kesempatan untuk sebagian besar orang melakukan touring bersama teman-teman sekomunitasnya. Sebelum berangkat touring, jangan lupa untuk cek kesehatan dan juga kondisi motor. Selain itu, pastikan sobat membawa tool kit atau kunci-kunci yang diperlukan.

Saat berada di tengah perjalanan dan susah mencari bengkel terdekat, kunci-kunci ini akan menjadi pertolongan pertama untuk menyelesaikan masalah pada motor. Berikut beberapa kunci-kunci yang wajib dibawa saat touring!

1. Tang

Saat perjalanan jauh, tang menjadi alat yang sangat penting bagi kita karena fungsinya yang sebagai pengganti tangan ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan. Contohnya, saat mesin motor panas, tentu untuk membuka koil akan sulit tanpa menggunakan bantuan alat. Selain itu tang juga dapat untuk memotong dan mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem.

2. Obeng

Obeng digunakan untuk mengecangkan dan melonggarkan baut. Untuk lebih praktis, sobat bisa pilih obeng yang ujungnya berbentuk plus (+) dan berbentuk minus (-) sekaligus.

3. Kunci L

Sekarang ini, sebagian besar motor ada yang mengharuskan menggunakan kunci L untuk membuka beberapa bagian tertentu. Sehingga  cukup disarankan untuk membawa kunci L agar lebih aman.

4. Kunci Pas

Kunci Pas digunakan untuk mengecangkan atau mengendurkan baut/mur pada motor. Contohnya, saat kita ingin mengecangkan rantai atau spion yang kendur. Umumnya, kunci pas yang digunakan adalah kunci nomor 10, 12, 14, 17 dan 21.

5. Pisau Lipat Multifungsi

Kelebihan alat ini adalah bisa memiliki beberapa fungsi dalam satu alat. Perkakas ini dapat digunakan untuk pendukung tool kit kita saat sedang memperbaiki bagian kendaraan yang berukuran lebih kecil dan susah dijangkau tool kit.

Selain kunci-kunci, untuk sobat yang menggunakan motor kopling ada baiknya juga untuk membawa kabel kopling cadangan untuk berjaga-jaga seandainya kabel kopling putus di perjalanan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK