NEWS
DETAILS
Selasa, 15 May 2018 12:43 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Rem adalah salah satu bagian dari motor yang sangat penting, dengan adanya rem yang dalam kondisi fit kita bisa dengan tenang menarik tuas gas dan melaju di jalan raya.

Karena fungsinya yang sangat penting, kondisinya pun harus selalu optimal agar fungsinya bisa maksimal tidak ada toleransi pada kondisi rem ini karena kalau sampai kondisinya tidak dalam keadaan yang optimal maka nyawa adalah taruhannya.

Salah satu indikator kondisi rem kurang maksimal adalah munculnya suara berdecit, namun jangan khawatir dulu ternyata suara berdecit itu ada penyebabnya. Penyebabnya yaitu:

1. Kampas Rem Mulai Tipis

Berdecit bisa jadi karena kampas rem yang mulai tipis. Bunyinya disebabkan dari gesekan besi pada kampas rem bergesek ke piringan cakram. Jika didiamkan, rem tidak akan bekerja maksimal, dan lama kelamaan cakram akan rusak, karena itu lebih baik segera diganti kanvas remnya.

2. Kampas Rem Keras

Selain karena kondisi kampas yang mulai tipis, bunyi berdecit juga bisa dihasilkan dari kampas rem yang mengeras akibat pengendara terlalu sering menarik tuas rem. Gesekan tersebut membuat kampas dan membuat decitan ketika mengerem. Jika sudah seperti ini, penggantian kampas rem wajib dilakukan.

3. Kampas Rem Tercampur Dengan Debu Kotoran

Terkontaminasinya kampas rem dengan debu dan kotoran bisa menjadi penyebab keluar bunyi berdecit. Kotoran yang dimaksud adalah debu atau lumpur yang menempel ketika kita melintas jalan yang kita lalui. Cara paling mudah agar bunyi tersebut hilang yaitu selalu membersihkan piranti rem. Untuk rem cakram dengan cara menyemprot bagian kampas dan piringan dengan air bersih. Lakukan setelah melalui perjalanan di musim hujan ataupun  setelah melalui jalan berdebu.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK