NEWS
DETAILS
Rabu, 28 Sep 2022 15:51 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Kotoran seperti debu, pasir hingga air hujan sangat rawan masuk ke dalam lubang yang digunakan untuk mengisi gas atau udara. Nah, pentil ban motor berfungsi untuk mencegah partikel-partikel kecil tersebut masuk ke dalamnya.

Sebab, debu dan pasir yang masuk ke dalam lubang dapat membuat pengisian udara menjadi terhambat atau lebih susah masuk. Selain itu, air hujan yang masuk ke dalam lubang ban juga dapat menyebabkan terjadinya karatan.

Untuk itu, meskipun bentuknya kecil kawan-kawan tetap harus memastikan kondisi dari pentil ban motormu. Setidaknya terdapat 3 jenis pentil ban motor yang bisa dijadikan pilihan untuk menutup lubang angin ban sepeda motor kesayangan kawan-kawan.

Tutup pentil plastik

Jenis tutup pentil yang satu ini sering dan sangat mudah untuk kita temukan. Hampir semua sepeda motor menggunakan tutup pentil berbahan dasar plastik. Meski dapat menangkal berbagai macam kotoran yang masuk, tutup pentil plastik cenderung lebih mudah rusak, terlebih jika kita sering mencopotnya.

Tutup pentil metal

Selanjutnya, ada jenis tutup pentil yang terbuat dari metal. Dari segi bahan baku pembuatan, tutup pentil ini jauh lebih kokoh dan tidak mudah rusak. Kotoran seperti debu, pasir hingga air hujan pun dapat dengan mudah ditangkal oleh tutup pentil metal ini.

Tutup pentil indikator

Terakhir ada tutup pentil yang lebih modern yakni tutup pentil indikator. Sesuai namanya, tutup pentil ini dibekali fasilitas indikator yang dapat menunjukkan tekanan angin dalam ban.

Terdapat tiga indikator warna yang bisa kamu lihat untuk mengetahui kondisi tekanan angin pada ban motormu.

Jika indikatornya menunjukkan warna hijau, berarti tekanan angin di dalam ban tersebut sudah normal atau ideal. Jika indikator ada pada warna kuning, artinya tekanan angin pada ban kurang dan kamu perlu menambah angin. Sedangkan jika indikator menunjuk warna merah, berarti ban motormu tidak aman untuk dikendarai.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK