NEWS
DETAILS
Selasa, 23 Aug 2022 06:06 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Umumnya sepeda motor memiliki dua jenis standar, yaitu standar samping dan standar tengah. Meskipun sama-sama terpasang untuk menopang motor agar tetap berdiri saat diparkirkan, kedua jenis standar tersebut tentunya memiliki fungsi dan manfaatnya tersendiri. Banyak yang bilang standar tengah cukup repot untuk digunakan dan harus melihat kondisi permukaan areanya, sedangkan standar samping dianggap sangat praktis untuk digunakan. Jadi, sebenarnya lebih baik menggunakan standar samping atau tengah saat motor sedang parkir?

Bisa dikatakan standar tengah memiliki banyak kelebihan dalam segi fungsi dan manfaat dibandingkan standar samping. Dengan menggunakan standar tengah, motor lebih stabil karena akan terparkir tegak lurus dan aman dari tindak kejahatan ketika diparkir karena untuk menurunkan kendaraannya memerlukan waktu dan berbunyi.

Standar tengah dapat membuat shockbreaker lebih awet dan memperpanjang usia pada ban yang digunakan. Sedangkan, ketika motor diparkirkan menggunakan standar samping, beban motor hanya ditahan oleh suspensi dan permukaan ban pada sisi standar. Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ketahanan suspensi dan permukaan ban akan berkurang.

Selain itu, standar tengah dapat memastikan pelumasan oli pada mesin motor lebih merata. Sedangkan, menggunakan standar samping terlalu lama akan membuat oli terkumpul pada satu sisi mesin dan pelumasan menjadi tidak sempurna.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK