NEWS
DETAILS
Rabu, 10 Aug 2022 16:14 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Seiring naiknya harga bensin, pemilik sepeda motor semakin ditantang untuk mengatur pengeluarannya. Pasalnya, bensin bukanlah pengeluaran satu-satunya sedangkan kebutuhan untuk mobilisasi tetap jadi prioritas. 

Jangan khawatir, beberapa motor di pasaran memang memiliki fitur yang irit bensin. Ada juga beberapa kiat pengaturan pada mesin motor agar konsumsi bensin lebih irit dan bikin hati BroSis lebih tenang. Yuk, simak penjelasan berikut!

Atur Karburator

Untuk sepeda motor yang masih menggunakan karburator sebagai pengkabut bahan bakar, karburator merupakan bagian yang sangat mempengaruhi konsumsi bensin. Di bagian inilah bensin akan ditampung sebelum diproses menjadi bahan pembakaran mesin. Pada karburator terdapat pelampung yang berfungsi sebagai pengatur jumlah bensin yang masuk ke bagian reservoir.

Mengatur pelampung menjadi lebih sempit akan membuat bensin yang masuk semakin sedikit, alhasil motor jadi lebih irit bensin. Tetapi perhatikan juga agar tidak diatur terlalu sempit agar motor tidak tersendat-sendat jika digunakan. Lakukan pengaturan dengan teliti dan sesuai.

Perhatikan Kondisi Oli

Oli berfungsi sebagai pelumas yang membuat gesekan antar komponen mesin jadi lebih halus. Ketika kualitas oli menurun, gesekan semakin kasar yang membuat mesin bekerja keras dan mudah panas sehingga konsumsi bensin lebih besar. Dengan menjaga kondisi oli tetap prima, gesekan pada mesin bisa lebih optimal dan halus dan secara tidak langsung meminimalisir konsumsi bensin. Maka, gunakanlah oli berkualitas dan rajin mengganti oli sesuai dengan jarak tempuh yang dianjurkan. 

Cek Busi Motor

Ternyata busi juga memiliki peran penting dalam meminimalisir konsumsi bensin motor. Dalam keadaan optimal, busi dapat membantu pengapian pada proses pembakaran lebih maksimal dan efisien yang memungkinkan penggunaan bensin jadi lebih irit. Maka, gunakan busi yang asli dan berkualitas untuk menekan konsumsi bensin.

Perhatikan Klep

Semburan bahan bakar sebelum diolah menjadi tenaga mesin bermula di bagian klep. Jika diatur pada posisi yang tepat, klep bisa menyemburkan bensin secara efisien. Pastikan agar tidak terlalu rapat untuk menghindari mesin motor gagal dijalankan. 

Beberapa pengaturan dan pemilihan sparepart motor Honda di atas bisa dicoba agar bensin motor lebih irit. Jangan lupa terapkan kebiasaan berkendara yang baik untuk menjaga kondisi mesin motor agar menunjang upaya BroSis agar motor lebih awet dan irit. Hitung-hitung BroSis bisa meminimalisir pengeluaran untuk perawatan motor dan BBM yang harganya kian hari kian mahal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK