NEWS
DETAILS
Senin, 20 Aug 2018 09:00 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Sepeda motor adalah kendaraan yang tidak dapat melindungi pengendara dari efek yang terjadi dengan lingkungan sekitar, seperti hujan, panas maupun benturan apabila terjadi kecelakaan. Karena itu dalam menggunakan sepeda motor kita diwajibkan untuk menggunakan peralatan berkendara untuk meminimalisir efek yang terjadi dari lingkungan sekitar mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Pada setiap kumpul sesama biker (kopdar) kadang selalu saja ada obrolan yang bermanfaat yang berguna dan inilah yang membedakan antara klub/komunitas sepeda motor dengan geng motor, selalu saja ada obrolan yang sangat bermanfaat yang berhubungan dengan sepeda motor.

Dalam setiap kopdar setiap anggota yang kumpul wajib mematuhi tata tertib saat kopdar. Salah satu tata tertib yang diberlakukan adalah dilarang menggunakan sandal sebagai alas kaki saat kopdar, setiap peserta harus menggunakan sepatu sebagai alas kakinya. Seberapa pentingkah alas kaki ini?Pak Asep Wawan (Pak AW) salah satu instruktur Safety Riding PT. Daya Adira Mustika menjelaskan tentang seperti apa alas kaki yang cocok untuk sepeda motor. Berikut penjelasannya:

  1. Pilih ukuran yang pas dengan kaki, sehingga sepatu tidak membuat kaki sakit apabila kekecilan dan tidak mudah terlepas kalau kebesaran ukurannya;
  2. Bahan sepatu bebas, tetapi bahan dari kulit lebih baik;
  3. Pilih sepatu yang alasnya tidak licin, karena akan mempengaruhi keseimbangan kita menahan sepeda motor saat sepeda motor berhenti;
  4. Lebih baik menggunakan sepatu yang menutupi mata kaki, karena bagian yang terpenting saat pijakan kaki difungsikan adalah bagian mata kaki sebab mata kaki merupakan engsel penghubung antara telapak kaki dan kaki dan terjadi luka pada bagian tersebut fungsi kaki saat berpijak tidak akan maksimal;
  5. Apabila kita menggunakan sepeda motor tipe sport atau bebek lebih baik menggunakan sepatu yang memiliki hak agar agar telapak kaki dapat menopang kaki pada footstep dengan kuat (tidak meleset), kecuali pengguna type matic boleh yang tidak memiliki hak.
  6. Gunakan sepatu yang menutupi seluruh permukaan kaki sehingga kaki kita bisa terlindung dari dinginnya udara saat berkendara atau dari panasnya blok mesin maupun dari efek yang terjadi saat kita terjatuh terutama bagian jari karena sudah banyak yang kehilangan jari kakinya saat terjadi kecelakaan akibat tidak menggunakan alas kaki yang sesuai (menggunakan sandal)
RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK