NEWS
DETAILS
Minggu, 12 Mar 2023 09:16 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Saat ini semua produk sepeda motor matic Honda terdapat fitur side stand switch. Yang berfungsi secara otomatis mematikan sistem pengapian mesin saat standar samping diturunkan saat motor berhenti, saat parkir atau disimpan di rumah.

Terkadang ada beberapa kendala yang menyebabkan mesin motor tidak otomatis mati, atau juga standar samping terasa seret atau longgar ketika diturunkan. Ada beberapa faktor penyebabnya. Dan karena komponen ini merupakan salah satu yang paling penting, maka standar samping sepeda motor tidak boleh luput dari pemeriksaan dan perawatan. 

Nah, berikut ini ada cara mengecek kondisi standar samping sepeda motor sekaligus perawatannya.

Pertama, Dirikan sepeda motor dengan standar tengah di atas permukaan yang keras dan rata.

Kemudian periksa bahwa standar samping berfungsi dengan lancar. Apabila standar samping kaku atau menimbulkan bunyi pada saat digerakkan, bersihkan daerah di sekitar engsel dan lumasi baut engsel dengan gemuk pelumas yang bersih.

Begitu juga sebaliknya, jika standar samping terasa longgar atau sering turun saat berkendara tentunya sangat berbahaya, kemungkinan akibat pegas atau per mengalami kerusakan atau atau hilangnya tegangan.

Untuk mengecek apakah fitur side switch stand berfungsi optimal, yaitu dengan cara duduk di atas kendaraan dan naikkan standar samping. kemudian hidupkan mesin lalu turunkan standar samping sepenuhnya dan mesin seharusnya mati begitu standar samping diturunkan.

Jika mesin tidak mati, maka bagian standar samping sepeda motor mengalami kerusakan di bagian side switch stand atau di bagian lainnya. Maka disarakan untuk memeriksa kondisi sepeda motor dan melakukan service dan perawatan di bengkel AHASS terdekat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK