NEWS
DETAILS
Kamis, 21 Jul 2022 14:24 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Untuk yang senang modifikasi motor, tampilan mur dan baut standar bawaan pabrik mungkin terlihat kurang indah. Makanya banyak yang menggantinya dengan model variasi yang memiliki bentuk dan warna lebih keren.

Tapi fungsi utama mur dan baut jangan sampai dilupakan ya. Mur dan baut memiliki tugas penting untuk mengikat dengan kuat komponen-komponen dari motor. Baik komponen yang ada di mesin maupun yang menempel di rangka.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih baut dan mur variasi. Mulai dari material, kualitas, kemampuan mengunci ulir, dan lain-lain. Pilih baut dan mur yang memiliki ketahanan material yang baik, termasuk panas dan korosi.

Jadi, meskipun tampilan mur variasi tadi sangat memikat mata, dari sisi fungsi harus tetap terjaga. Mur dan baut tetap memiliki kekuatan sesuai standar.  Sehingga sobat tidak bisa asal dalam memilih baut dan mur variasi.

Sebuah baut atau mur haruslah memiliki kemampuan mengunci ulir yang baik. Selain itu, bagian ulir atau dratnya tidak mudah rusak atau slek. Tidak hanya itu, sebaiknya pilih juga baut dan mur yang mudah dibongkar pasang.

Lihat material yang digunakan. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Material besi atau baja tentu yang paling kuat, tapi rentan karat. Material aluminium sangat ringan, tapi umumnya memiliki kualitas yang rendah. Material duralium atau duralumin adalah aluminium yang lebih kuat.

Hal terakhir yang harus diperhatikan tentu adalah estetikanya alias pemilihan warna dan modelnya. Sesuaikan model dan warnanya dengan motor kesayangan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK