NEWS
DETAILS
Minggu, 16 Oct 2022 07:09 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Aki tekor atau soak, pastinya menjadi hal yang menyebalkan untuk pengendara roda dua. Selain harus membuatnya gunakan kick stater, juga bisa membuat piranti lain menjadi tidak berfungsi. 

Nah, agar kalian terhidar dari kondisi yang tidak nyaman akibat aki soal, perhatikan penyebab aki soak berikut ini agar motormu bisa tetap nyaman digunakan.

Beban listrik kendaraan terlalu besar

Penambahan aksesoris yang tidak sesuai spesifikasi (berlebihan) kepada motor sangat tidak baik. Apalagi yang mempunyai pengaruh langsung terhadap kelistrikan, dampaknya bisa membuat element di aki alami kerusakan.

Lama tidak digunakan

Motor yang sering digunakan, aki-nya akan jauh lebih awet dari pada yang sering tinggal di garasi rumah. Kejadian tersebut disebabkan oleh, prinsip charge dan discharge yang digunakan oleh aki.

Jadi, ketika motor gunakan maka saat itu akan lakukan pengisian daya aki, dan sebaliknya bila tidak sering dipakai bisa menyebabkan voltase berkurang. Penurunan itulah, yang menyebabkan motor juga harus rutin untuk digunakan.

Usia Aki yang Sudah Berumur

Selain hal tadi, umur aki juga bisa menjadi penyebab kenapa benda penting di motor ini alami kerusakan. Hal tersebut bisa terjadi karena pada umumnya aki hanya mempunyai umur 3 atau 4 tahun saja. Lebih dari waktu tersebut, akan mengalami penurunan fungsi secara drastis. Meski terkadang masih bisa diakali untuk menjaga tenaganya, namun bisa dikatakan kulaitasnya jauh bila dibanding ketika pertama kali beli.

Kiprok yang bermasalah

Kiprok merupakan suatu perangkat untuk mengatur pengisian aki. Nah bila sampai alami masalah, bisa dibayangkan bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja aki itu sendiri.   

Maka dari itu, mengetahui kiprok rusak atau tidak sangatlah penting. Cara mendeteksinya adalah dengan menghidupkan mesin dan lampu utama, kemudian gas dengan kecepatan sekitar 4000 hingga 5000 RPM. JIka tegangan listrik kurang atau lebih dari 14 – 15 volt, maka bisa dipastikan kalau bagian penting di aki itu mengalami kerusakan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK