NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Jan 2022 10:52 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Saat berkendara dan sebagai pengendara motor tentunya kita menginginkan perjalanan yang aman dan nyaman. Oleh karena itu biasa seorang pengendara yang cerdas akan berkendara dengan hati-hati walaupun juga memacu kendaraannya dengan cukup tinggi.

Nah, tapi tidak jarang juga kita melihat kecelakaan yang terjadi di sekitar kita. Jika memungkinkan kita sebaiknya ikut bertindak untuk menolong si korban kecelakaan tersebut. Nah, tapi seperti apa tindakan yang harus kita ambil? 

Menguasai Keadaan

Biasanya saat sebuah kecelakaan terjadi, suasananya akan jadi panik seketika. Orang-orang yang tadinya santai akan terburu-buru untuk mengamankan keadaan. Hal ini lumrah sih, tapi jika Kamu sedang melihat kejadian tersebut, Kamu wajib untuk membuat kondisi jadi lebih tenang.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk itu. Salah satunya dengan memastikan korban, kendaraan dan barang bawaannya sudah dipinggirkan dari jalan raya.  

Menghubungi Petugas yang Berwenang

Ada kalanya sebuah kecelakaan malah membuat kedua pihak yang terkait mengalami perselisihan. Disini nih tugas Kamu yang pertama adalah menjadi mediator bagi mereka tanpa menghakimi salah satunya. Nah untuk selanjutnya, jika belum juga ada titik terang Kamu hubungi polisi terdekat. Laporkan kalau ada kecelakaan lalu lintas di titik tersebut. Terlebih lagi jika kondisi kecelakaannya parah, hal ini wajib sekali untuk dilaporin ke kantor polisi. Jadi biar pihak yang berwajib yang bertugas untuk menyelesaikan masalah.

Memberikan Pertolongan

Sebagai orang yang baru melihat kecelakaan pastinya kita akan lebih baik jika memberikan sejumlah pertolongan. Entah bantuin bawa kendaraannya kepinggir atau hanya dengan memberikan air minum. Sedikit pertolongan dari Kamu akan sangat berarti untuk si korban.

Tanggap Dengan Keadaan Sekitar

Keadaan sekitar yang dimaksud adalah banyak hal di sekeliling tempat terjadinya kecelakaan. Kadang ada beberapa orang usil yang memanfaatkan adanya kecelakaan untuk mengambil keuntungan.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK