NEWS
DETAILS
Selasa, 19 Oct 2021 19:40 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Satu helm untuk semua motor? No way, bro! Beda helm, ternyata beda juga motornya. Secara fungsi, semua helm memang memiliki fungsi yang sama, yakni melindungi kepala dari benturan saat terjadi kecelakaan dan meminimalisir resiko terjadinya cidera parah. Motor dan helm itu sudah diciptakan sepaket, jika tidak mau dibilang saltum alias salah kostum, sebaiknya sobat ketahui dulu bedanya..

1. Motor Bebek dan Matic
Motor jenis ini paling banyak beredar di Indonesia. Sebenarnya sah-sah saja jika sobat mau pakai helm tipe full face, tapi lebih cocok jika pakai helm half face. Sama seperti motornya, kelihatannya akan lebih simple.

2. Skuter
Dari motornya saja pasti sudah memperlihatkan kesan klasik, atributnya juga harus mendukung dong. Buat sobat para skuteris, paling cocok sebenarnya pakai helm tipe half. Tapi beberapa skuteris sekarang ini yang lebih suka dengan racing look, banyak juga yang menggunakan helm model cakil atau full face.

3. Motor Trail dan Supermoto
Motor garuk tanah yang satu ini punya perbedaan tersendiri dari motor lain, bro. Helmnya harus yang mendukung juga pastinya. Tapi perlu diingat, motocross untuk di tanah, jika untuk di aspal namanya supermoto. Beda nama, beda juga helmnya. Baik motocross atau supermoto sama-sama menggunakan helm jenis full-face dengan bagian dagu sedikit panjang  dan terdapat pet di bagian atas visor. Pet ini berfungsi sebagai pelindung goggle dari cipratan tanah. Untuk motocross, helm full face tanpa visor, alias sobat harus memakai goggle lagi utuk melindungi mata. Sementara untuk helm supermoto, pakai tipe full face yang udah dilengkapi dengan visor.

4. Motor Sport
Nah, yang satu ini sudah pasti harus pakai helm full face, bro. Di Indonesia masih ada juga yang naik motor sport full fairing, namun menggunakan helm half face. Namun idealnya adalah menggunakan helm full face, seperti yang dicontohkan para pembalap di MotoGP.

5. Motor Custom
Motor custom punya banyak aliran, seperti cafe racer, streettracker, bobber, chopper, streetcub, dan masih banyak lainnya lagi. Untuk motor-motor ini, sudah paling pas jika pakai helm-helm yang memperlihatkan kesan klasik, karena akan lebih sesuai dengan motornya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK