NEWS
DETAILS
Rabu, 03 Nov 2021 05:43 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Semua motor modern rasanya sudah dibekali dengan rem cakram. Rem ini bekerja dengan menjepit cakram yang terpasang pada roda. Untuk menjepit cakram, diperlukan kaliper yang digerakkan oleh piston yang mendorong kanvas rem ke cakram.

Jadi, ada beberapa komponen dalam satu kesatuan rem cakram ini. Untuk bisa bekerja dengan optimal, komponen-komponen tersebut perlu dirawat.

1. Minyak Rem

Meskipun sebenarnya penyebutan yang tepat adalah cairan rem, karena bahan yang digunakan bukan berbasis minyak. Minyak rem ini diperlukan untuk menggerakkan piston yang ada pada master rem yang menggerakkan kaliper. Dianjurkan untuk mengganti minyak rem jika sudah satu tahun.

2. Kaliper Rem

Cara membersihkan kaliper rem cukup mudah. Sobat hanya perlu melepas kaliper dari shockbreaker, melepas kanvas rem dan membersihkannya dengan sikat kawat. Lalu, rakit kembali jika sudah dibersihkan. Mengingat rem cakram bersifat terbuka, maka pembersihan kaliper perlu dilakukan untuk menghilangkan debu, pasir, atau kotoran yang menempel.

3. Seal Piston

Perhatikan kondisi seal piston. Jangan lupa untuk mengganti seal piston untuk menghindari terjadinya kebocoran minyak rem. Dampak dari minyak rem yang bocor adalah dapat menyebabkan kinerja piston menjadi lemah.

4. Kanvas Rem

Perhatikan ketebalan kanvas rem saat membersihkannya. Jika kanvas rem sudah tipis atau habis, segera ganti dengan yang baru. Jika kanvas rem habis, maka besi yang tersisa akan beradu dengan cakram saat direm. Akibatnya, cakram akan terkikis dan menjadi tipis.

5. Cakram

Perhatikan juga tingkat ketebalan cakram. Cakram yang usia pakainya sudah lama pasti akan terkikis juga. Hindari menggunakan cakram yang tipis, karena beresiko patah saat direm

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK