NEWS
DETAILS
Minggu, 12 Mar 2023 09:16 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Teknologi sepeda motor semakin terus dikembangkan dari jaman ke jaman, perubahan ini merupakan dampak dari meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kehadiran sebuah kendaraaan sepeda motor yang mana bukan hanya sebagai alat transportasi saja, tapi lebih kepada kebutuhan dan gaya hidup yang terus mengikuti perkembangan jaman.

Saat ini mesin yang umum digunakan pada sepeda motor terbagi menjadi dua yaitu mesin jenis SOHC dan DOHC yang banyak diterapkan pada sepeda motor Honda.

Agar tidak pusing kita sekarang akan membahas mesin jenis SOHC terlebih dahulu. SOHC adalah singkatan dari Single OverHead Camshaft yaitu merupakan mesin yang menggunakan satu Camshaft atau yang bisa dikenal dengan noken as, jadi setiap silinder terdapat satu noken as dengan 2 katup, yaitu katup isap (intake valves) yang mempunyai fungsi sebagai menghisap campuran udara dan bahan bakar kedalam ruang bakar dan katup buang (exhaust valves) yang berfungsi sebagai mengisap sisa pembakaran ke knalpot.

Pada tipe ini batang penekan tidak ada, sehingga gerakan balik dapat dinetralisir. Posisi cam berada diatas silinder yaitu ditengahnya, cam digerakkan oleh rantai penggerak yang langsung memutar cam sehingga cam menekan rocker arm. Poros cam berfungsi untuk menggerakkan katup masuk (IN) dan katup buang (EX), agar membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi dalam ruang bakar mesin.

Tipe ini komponennya sedikit sehingga pada putaran tinggi tetap stabil. Disebut single over head camshaft karena hanya menggunakan satu cam pada desainnya. Atau SOHC adalah system poros tunggal di kepala silinder.

Kelebihan mesin SOHC

  • Mesin lebih ringan karena hanya menggunakan satu Camshaft
  • Relatif Lebih Irit
  • Biaya produksi dan perawatan murah.
  • Torsi bekerja lebih baik pada kecepatan rendah / low-end torque) 

Kekurangan mesin SOHC

  • Mesin biasanya lebih berisik karena menggunakan dua buah rocker arm.
  • Angka RPM (putaran mesin) rendah, sehingga top speed tidak terlalu tinggi. 
RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK