NEWS
DETAILS
Sabtu, 09 Oct 2021 06:26 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Radiator menjadi salah satu komponen sangat penting sekali untuk setiap motor, radiator sendiri terdapat beberapa tipenya. Namun untuk saat ini banyak sekali motor-motor baru menggunakan radiator coolant dan ada juga yang menggunakan kipas, udara dan juga air.

Pada sistem pendingin pada radiator motor terdapat beberapa bagian, dimana semua bagian tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. Namun kita semua juga harus merawatnya dengan benar, agar radiator mampu bekerja dengan sempurna untuk mendinginkan suhu panas mesin.

Nah untuk cara kerja radiator motor, cairan pada radiator akan di pompakan kedalam silinder block dan setelah itu naik ke atas pada kepala silinder untuk menyerap panas pada mesin motor. Kemudian suhu panas mesin motor akan dikeluarkan melalui selang pada radiator yang akan menuju termostat yang menjadi pengatur aliran dan selanjutnya akan melewati termosensor agar terbaca panasnya.

Setelah itu akan masuk ke radiator dari bagian atasnya yang mengalir ke pipa kapiler kecil sampai kebagian bawah dan pada panas mesin akan mengalir atau pindah ke cairang. Dimana cairan tersebut akan di proses konveksi lalu merambat pada dinding pipa-pipa kecil radiator motor dan setelah itu akan merambat ke seluruh bagian kisi-kisi.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK