NEWS
DETAILS
Senin, 25 Oct 2021 00:02 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Pada oli kekentalannya disimbolkan dengan SAE  (Society of Automotive Engineers), dan API (American Petrolium Institute).

Misal SAE 10W-30W (W=Winter) artinya 10W oli ini bisa di pakai pada suhu udara 10 derajat celsius, dan jika 0W berati oli ini masih bisa bekerja pada suhu titik beku air atau daerah dingin bersalju.

Semakin kecil angka W-nya biasa diaplikasi untuk mesin-mesin terkini (Spelling antar komponennya lebih rapat) dan semakin besar angka SAE-nya untuk di adopsi di mesin-mesin lawas (Spelling-nya lebih besar).

Fungsi Oli

Oli berfungsi untuk melumasi seluruh bagian-bagian terkecil dari komponen yang ada di dalam mesin kita, terutama semua komponen yang bergerak bergesekan, agar tidak terjadi pengikisan akibat benda yang saling bergesekan, paling tidak koofisien geseknya bisa ditekan sekecil mungkin.

Sangatlah penting peranan oli ini, selain untuk meredam panas mesin, juga oli ini berfungsi untuk meredam suara/noise, bayangkan jika oli mesinnya kurang, pastinya aneka suara dari mesin akan bermunculan.

Cara Kerja Oli Motor

Oli ibarat darah dalam tubuh, jadi oli juga butuh pompa seperti tubuh butuh jantung untuk memompa darah mengalir keseluruh tubuh.

Peranan pompa oli di mesin juga sangat penting, apalah artinya oli yang bagus sekalipun jika ngga bisa dialirkan sampai ujung komponen mesin kita.

Setelah oli dipompa untuk mengalir ke seluruh komponen, sebelumnya dilewatkan dulu pada filter oli, komponen ini akan menjamin bahwa oli yang akan menjadi bantalan gesekan bersih dari gram-gram sisa gesekan mesin atau benda asing lainnya.

Lepas dari filter oli akan mengalir masuk ke saluran atau celah-celah komponen mesin dan sebelum kembali ke pompa oli ada beberapa type mesin yang memiliki pendingin oli (oil Cooler) di sini oli akan didinginkan terlebih dahulu sebelum mengalir kembali ke karter mesin lanjut masuk ke ruang pompa oli lalu dialirkan lagi kedalam mesin.

Ingat efisiensi mesin terbalik dengan suhu mesin (semakin rendah suhu mesin, semakin tinggi efisiensi mesin), memang semua mesin ngga ada yang memiliki efisiensi 100% karena mesin jika bekerja memiliki temperatur.

Nah oli juga dapat mengurangi panas mesin dengan cara didinginkan dahulu sebelum masuk karter mesin.

Kapan Kita Ganti Oli 

Yup, jika kita periksa warna oli sudah berubah menjadi hitam pekat, itu pertanda oli sudah bercampur dengan sisa kerak pembakaran yang menempel didinding mesin, bisa jadi endapan dari sisa gesekan komponen mesin.

Periksa juga speedometer, jangan sampai melewati jarak tempuh yang sudah ditentukan, idealnya ganti oli jangan sampe lewat 3000km (batas maksimal), jika kendaraan kita sering ngadepin jalan macet ya bisa lebih cepat gantinya (1500km).

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK