NEWS
DETAILS
Rabu, 26 Oct 2022 09:01 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Para pembalap MotoGP wajib menggunakan baju balap saat turun di lintasan sirkuit untuk balap. Baju balap yang disebut juga dengan Wearpack  ini berfungsi untuk melindungi pembalap ketika terjatuh.

Wearpack memiliki bagian perlindungan yang terdapat pada kedua lengan, siku, dada,  lutut dan punggung. Wearpack dibuat dari bahan kulit sapi dan kanguru bersertifikat, dengan berat sekitar 4,5 kilogram, tergantung dari jenis bahan yang digunakan. 

Pada bagian pelindung siku dan lutut dibuat dari bahan thermoplastic yang berfungsi untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan.Benang yang digunakan juga khusus yang dijahit ganda dan punya fitur canggih wearpack. 

Saat ini seluruh bagian wearpack dilengkapi sistem keamanan yang didukung sensor canggih yang akan membuat airbag mengembang otomatis sebelum rider menyentuh aspal saat terjatuh.

Prinsip kerja airbag adalah ketika terjadi tabrakan maka airbag akan terisi penuh gas nitrogen dengan cepat. Proses pengisian tersebut merupakan prinsip momentum dan impuls,  dimana gas nitrogen yang awalnya berada dalam ruang tertutup dan memiliki momentum diam, kemudian bergerak karena adanya impuls yang kuat.

Selain itu dibagian punuk wearpack terdapat juga hydrobag, di mana  dengan sistem  tertentu yang disambungkan ke helm pembalap, akan membuat pembalap bisa menghisap minuman melalui sedotan ketika sedang balapan untuk mencegah dehidrasi.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK