NEWS
DETAILS
Kamis, 28 Dec 2023 11:39 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Lampu depan merupakan salah satu komponen yang wajib ada pada sepeda motor. Komponen yang satu ini harus dijaga kondisinya tetap bening, agar cahaya lampu yang dipancarkan tetap terang dan tidak memudar. Apalagi kalau sobat sering berkendara di malam hari, akan berbahaya sekali jika lampu depan sepeda motor tidak memberikan penerangan yang maksimal.

Ada banyak faktor yang bisa membuat lampu depan menjadi buram atau menguning. Hal tersebut bisa terjadi akibat terus menerus menerima panas dari bohlam yang ukuran watt-nya besar, atau bisa juga karena faktor cuaca, usia, jamur, bahkan baret-baret juga bisa membuat mika lampu menjadi kusam.

Sebenarnya cukup mudah untuk menghilangkan buram atau warna menguning pada mika atau kaca lampu depan. Sobat bisa melakukannya sendiri tanpa perlu melepas mika lampu tersebut. Berikut ini 5 cara jitu bikin lampu depan depan sepeda motor seperti baru lagi.

1. Peralatan yang Dibutuhkan
Sediakan kain lap bersih yang halus, air sabun, kompon, cairan pembersih atau car wax, sikat yang halus, dan ampelas ukuran 1500. Usahakan untuk selalu menggunakan kain micro fiber.

2. Mencuci Mika Lampu
Cucilah mika lampu atau headlamp dengan air sabun. Usahakan untuk menggunakan sabun atau cairan khusus yang bisa menghilangkan jamur. Pasalnya, jamur juga bisa menjadi penyebab mika lampu menjadi tidak bening lagi.

Selain itu, agar hasil akhirnya lebih optimal. Gunakan sikat yang halus tersebut untuk membersihkan kotoran atau jamur yang menempel. Perlu diperhatikan juga adalah saat menyikatnya. Jangan terlalu diberi tekanan, karena bisa saja bulu-bulu sikat tersebut malah meninggalkan baret-baret atau goresan halus.

3. Keringkan Mika Lampu
Setelah dicuci, lap bagian mika lampu hingga benar-benar kering. Jangan lupa untuk menggunakan kain micro fiber yang  bersih untuk mengeringkannya. Setelah mika lampu sudah benar-benar  kering, coba perhatikan apakah mika lampu tersebut masih buram karena goresan halus atau dalam.

4. Gosok Dengan Ampelas Halus
Jika terdapat goresan halus yang membuat mika lampu menjadi buram, langkah berikutnya adalah menggosok mika tersebut dengan ampelas halus berukuran 1500 tadi. Tapi sebelumnya, basahi ampelas tersebut dengan air bersih.

Lakukan proses ini dengan sangat hati-hati. Setelah proses penggosokan dengan ampelas selesai, bilas mika lampu dengan air bersih hingga sisa ampelas hilang. Lakukan proses ini secara berkali-kali hingga sisa ampelas bisa dipastikan hilang. Jika sudah, keringkan kembali mika lampu tersebut.

5. Gosok Dengan Kompon Atau Wax
Setelah keempat langkah di atas sudah dikerjakan, tahap terakhir adalah menggosok mika lampu dengan kompon atau wax. Gosok menggunakan kain lap bersih dengan gerakan memutar.

Setelah kompon atau wax tersebut sudah mengering, gosok kembali permukaan mika lampu dengan kain lap yang bersih hingga kembali bening dan halus. Sobat bisa mengulangi langkah terakhir ini hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK