NEWS
DETAILS
Jumat, 10 Nov 2023 15:10 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Beberapa alasan konsumen memiliki sepeda motor jenis skuter matic atau skutik diantaranya karena lebih praktis, dimensi yang ramping dan compact, bobot yang ringan, desain yang selalu trendi dan juga dimanjakan dengan beragam fitur yang canggih dan modern.

Tapi dari sekian banyaknya konsumen yang memiliki motor skutik terutama produk Honda adalah karena irit bahan bakar tapi memiliki performa mesin yang maksimal sehingga bisa diandalkan sebagai teman berkendara sehari-hari.

Iritnya konsumsi bahan bakar produk skutik Honda tentunya berkat beberapa fitur canggih yang disematkan. Sehingga selain bisa lebih hemat, berkendara menjadi lebih praktis dan menyenangkan. Dan inilah beberapa fitur yang membuat skutik Honda menjadi lebih irit, diantaranya.

1.Idling Stop System (ISS)

Sangat efektif untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Fitur ini akan berfungsi jika tombol pada saklar diaktifkan, Saat tombol berada di posisi Idling, lampu indikator pada panel meter akan menyala. Ketika motor dijalankan maka sensor akan memerintahkan Engine Control Module (ECM) untuk mengaktifkan fitur ISS.

Dan ketika motor dalam keadaan berhenti seperti pada saat di lampu merah, maka dalam waktu 3 detik mesin akan mati secara otomatis. Dengan begitu konsumsi bahan bakar yang tidak perlu akan berkurang  dan  emisi gas buang akan menurun.

Saat mesin dimatikan oleh ISS, lampu indikator akan berkedip menandakan bahwa Idling Stop System sedang aktif atau digunakan. Untuk menyalakan mesin, pengendara cukup memutar tuas gas layaknya sepeda motor yang akan bergerak dari posisi diam.

Saat tuas gas diputar maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi sinyal ke ECM untuk memerintahkan altenator menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter. Mesin pun akan menyala kembali.

Ketika tombol ISS berada di pisisi Stop (tekan tombol bagian atas) maka fitur Idling Stop System  tidak bekerja.

2. Eco Indicator

Pada panel meter skutik Honda terdapat salah satu fitur yang bisa menghemat bahan bakar. Fitur ini bekerja dengan menyesuaikan gaya berkendara. Jika pengendara menjalankan sepeda motor dalam kecepatan rendah maka lampu Eco Indicator akan menyala terang yang menandakan kita berada pada gaya berkendara irit bahan bakar.

Sebaliknya jika lampu Eco Indicator ini tidak dalam posisi menyala, artinya kita berkendara dalam mode yang lebih banyak mengkonsumsi bahan bakar.

3. Fuel Consumtion pada Multi Information Display

Pada beberapa produk skutik Honda seperti Honda Scoopy dan skutik Premium Honda PCX160, ADV160 terdapat panel meter digital yang menampilkan Multi Information Display atau MID. Dimana pada panel meter tersebut terdapat beberapa informasi yang menampilkan penghitungan konsumsi bahan bakar secara rata-rata atau Average Fuel Consumtion dan juga secara aktual atau Real Time Fuel Consumtion.

Nah, dengan indikator tersebut kita bisa mengetahui bagaimana perilaku berkendara kita apakah kita membawa sepeda motor dalam mode irit bahan bakar atau sebaliknya.

Selain itu iritnya skutik Honda juga didukung dengan teknologi canggih pada mesin eSP dan eSP+ Honda sehingga memberikan sensasi berkendara dengan perfoma maksimal tapi lebih irit bahan bakar sehingga lebih efisien.

Dan harus diperhatikan, selalu lakukan pengecekan dan service secara berkala di bengkel AHASS, supaya fitur-fitur yang membuat irit produk skutik Honda tersebut tetap bekerja optimal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK