NEWS
DETAILS
Jumat, 10 Nov 2023 15:09 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Pantai selalu menjadi destinasi wisata di kala liburan akhir tahun seperti sekarang ini. Buat pengguna sepeda motor yang tinggal di pesisir pantai tentu sudah tahu bagaimana bahayanya air laut terhadap sepeda motor, tapi buat pengendara yang tinggal di daerah lain yang jarang mengunjungi pantai biasanya kurang mengetahui hal tersebut.

Touring ke pantai, biasanya sebagian pengendara selalu membawa motornya melintasi pasir pantai, untuk sekedar berfoto dengan latar pemandangan laut atau juga merasakan sensasi berkendara di atas pasir yang tentunya jarang mereka tamui di daerah lainnya.

Tapi, harus diperhatikan jika saat melakukan touring atau perjalanan ke daerah pesisir pantai, hindari sepeda motor brosis terkena air laut secara langsung, alasannya karena banyak efek yang ditimbulkan bahkan bisa berpotensi bahaya dalam jangka panjang.

Itu karena air laut mengandung zat asam yang sangat tinggi dibanding air tanah biasanya dan ini bisa menyebabkan korosif terutama bagian-bagian logam tertentu yang terdapat pada sepeda motor.

Jika body motor terkena air laut, walaupun terbuat dari plastik tapi air laut yang mengendap dapat menimbulkan bercak, dan pasir laut yang menempel pun bisa mengerak dan meninggalkan bekas. Untuk body motor yang berwarna putih bahkan bisa sampai menguning.

Yang paling berpotensi bahaya adalah di bagian yang terbuat dari besi/baja seperti rangka, shock breaker dan bagian lainnya. Jika dibiarkan dalam waktu lama, air laut yang menempel dibagian tersebut bersifat korosif tinggi, diawali dengan timbul gelembung kecil dibagian cat luar yang kemudian menjadi rust atau karat.

Dan jika didiamkan lebih lama, karat tersebut dapat menimbulkan keropos dan jika hal tersebut terjadi di bagian sepeda motor terutama yang terbuat dari logam tertentu maka akan berpotensi mengalami kerusakan seperti patah dibagian rangka, dll.

Untuk itu, pengendara yang sedang melakukan touring atau aktifitas liburan ke daerah pesisir pantai, hindari sepeda motor terkena air laut secara langsung, dan jika terlanjur, maka solusinya adalah dengan membersihkan sepeda motor dengan mencucinya sercara menyeluruh sampai ke bagian dalam.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK