NEWS
DETAILS
Kamis, 09 Nov 2023 13:16 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan kawan,,,,Pengecekan secara rutin atau yang lebih akrab disebut dengan servis Motor adalah pengecekan motor secara rutin yang umumnya dilakukan setiap 1 sampai 2 bulan sekali atau pada saat jarak tempuh motor sudah mencapai 2.000 KM. Tujuan dari servis motor atau tune up ini agar memastikan motor dalam kondisi prima.

Servis motor terbagi dalam dua jenis,  yakni servis motor ringan dan servis motor besar. Pada servis motor ringan bisa dikatakan juga sebagai servis motor rutin karena pengerjaannya hanya di bagian tertentu. 

Nah, selengkapnya mengenai jenis Servis  motor, bisa disimak di bawah ini.

1. Servis Ringan

Sesuai dengan namanya, servis ringan hanya meliputi bagian tertentu saja dan tidak harus dilakukan secara bersamaan. Anda bisa melakukan servis untuk bagian tertentu yang memang harus segera diperbaiki. Servis ringan umumnya meliputi pergantian oli mesin, kampas rem, langsam, busi motor, suspensi, lampu, filter udara, aki, sampai dengan tekanan ban.

Berhubung servis ringan tidak mencakup pengecekan area mesin secara langsung, biaya sservis motor yang perlu Anda siapkan untuk servis ringan relatif murah. Hal ini tentunya masuk akal mengingat servis yang ada bisa dilakukan sesuai permintaan atau kebutuhan Anda.

Meskipun begitu, agar Anda tidak perlu bolak-balik ke tempat servis atau mengantri ulang apabila ada kerusakan atau sparepart yang harus diganti, sebaiknya Anda menyiapkan sejumlah dana lebih untuk jaga-jaga.

2. Servis Besar

Jika servis ringan tidak mencakup pengecekan area mesin, maka servis besar adalah sebaliknya. servis besar meliputi pengecekan mesin internal dan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Misalnya penggantian sil klep, pembersihan kerak karbon, skir klep, dan lain-lain.

Karena pengerjaannya cukup detail dan diperlukan alat khusus, biaya servis motor untuk servis besar relatif agak mahal. 

Namun, servis ini tidak harus dilakukan secara rutin. Umumnya, servis besar hanya diperuntukan bagi motor dengan umur pemakaian di atas 3 tahun.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK