NEWS
DETAILS
Senin, 30 Oct 2023 05:13 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Walau sekarang teknologi motor sudah mulai Hybrid, tapi sistem pengereman masih ada yang memakakai sistem tromol, terutama untuk pengereman kaki belakang.

Walau tromol kalau kita rawat juga cukup mumpuni untuk ngeladenin mesin-mesin canggih jaman Now.

Yang perlu diperhatikan pada rem tromol agar tetep pakem.

1. Perhatikan tuas remnya (paha ayam) ada indikator berupa plat kecil berbentuk lancip ujungnya, plat lancip ini jangan sampai menunjuk lebih dari tanda kira-kira sepanjang 3 cm yang terletak pada panel rem, jika lebih berarti kampas rem atau tromol sudah abis.

2. Jika point 1 sudah benar, buka tromol bersihkan kampas rem dari debu serta tromolnya, kuas dengan bensin atau cleaner, lalu keringkan dan semprot pake kompresor.

3. Setelah bersih semua, sebelum di-install kembali ada baiknya kampas remnya kita amplas dengan amplas kasar, tujuannya untuk membuat kasar permukaan kampas rem serta membuang lapisan pada kampas rem.

4. Setelah diamplas, kampas di gergaji silang dengan motif segitiga sama sisi menggunakan gergaji besi, tujuannya untuk menampung ampas atau kotoran dari sisa sisa pengereman.

5. Terakhir jangan lupa kita beri gemuk pada as tuas remnya, cukup sedikit saja. Asal untuk melumasi antara as dan tuas rem saja, supaya tidak bunyi mendecit kita proses pengereman.

Ada baiknya ketika kampas rem sudah habis jangan kita ganjel-ganjel lantaran ngirit untuk membeli tromol baru, jika indikator berupa plat lancipnya sudah melebihi batas tanda di panel rem, ya sudahlah waktunya untuk membeli tromol baru, ingat perangkat ciett ini sangat penting dalam kita berkendara yang aman.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK