NEWS
DETAILS
Jumat, 25 Aug 2023 13:11 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Velg merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor yang terkait langsung dengan faktor kenyamanan berkendara. Namun, tak jarang para pemilik sepeda motor menghiraukan kondisi velg.

Terdapat 2 jenis velg yang sering dipakai pada sepeda motor, yakni Casting Wheel yang biasa disebut velg racing dan velg Spoke Wheel atau kita menyebutnya velg jari-jari.

Untuk menjaga velg agar selalu berada dalam kondisi yang baik ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya:

velg bersih

Biasakan membersihkan velg secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan atau saat melewati genangan air. Karena makin bersih, velg semakin terhindar dari karat yang dapat mempercepat kerusakan di velg.

Jaga tekanan udara ban

Tekanan udara ban cukup berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan velg. Kalau tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya terkena benturan dengan batu atau lubang di jalan.

Gunakan Ukuran Ban Yang Sesuai

Tidak menggunakan ban yang melebihi diameter velg. Karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan roda.

Hindari jalan rusak atau berlubang

Semakin sering motor melewati jalan rusak atau berlubang, maka velg akan semakin tersiksa. Hal itu bukan hanya berdampak pada tekanan udara yang bakal berkurang, tapi juga dapat merusak keutuhan velg dan ban luar.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK