NEWS
DETAILS
Selasa, 21 Feb 2023 07:17 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan....  Memiliki motor baru merupakan impian setiap orang dan ada yang harus diperhatikan agar motor baru bisa awet dan performanya tetap prima perawatan harus dilakukan semenjak motor pertamakali tiba di rumah kita dari dealer.

Ini beberapa langkah dalam perawatan motor baru, agar motor kawan-kawan lebih awet.

Rajin Dibersihkan 

Upayakan rajin mencuci atau sekedar  mengelap. Pembersihan motor ini tidak hanya berguna untuk menjaga tampilan motor enak dipandang, tetapi juga membersihkan kotoran yang mungkin menempel pada mesin atau pada kanvas rem. Biasakan  mencuci motor menggunakan shampoo motor agar hasilnya lebih maksimal. 

Biasakan mencucil motor setiap habis kehujanan karena air hujan sifatnya cenderung asam dan dapat menimbulkan karat yang akan membuat bagian yang terbuat dari besi cepat keropos. 

Setelah dicuci, keringkan agar tidak menyisakan bercak putih pada body motor dan lanjutkan dengan silicon agar lebih mengilap.

Selalu Panaskan Sebelum Digunakan

Di pagi hari, upayakan selalu rutin sepanjang  5 menit memanaskan motor sebelum digunakan Sebaiknya jangan lebih dari 5 menit, karena lebih dari itu  akan buang-buang bensin saja.

Saat mesin sudah cukup hangat,  biarkan suhu meningkat secara alami ketika digunakan. Hal ini  bisa membuat motor jadi awet.

Gunakan Oktan Tinggi

Untuk motor-motor terbaru sudah didesain dengan teknologi sistem injeksi dan teknologi hemat bahan bakar. Untuk membuat sistem ini bekerja dengan baik andan perlu menggunakan bahan bakar beroktan di atas 90. 

Bahan bakar beroktan tinggi menjadikan pembakaran dalam mesin berjalan sempurna dan tidak menyisakan kerak pada injector sehingga mesin jadi lebih awet.

Tidak Membawa Barang Berat

Beban maksimal dari sebuah sepeda motor adalah antara sekitar 120 – 130 kg. Beban yang berat membuat tekanan pada ban yang bertambah, kinerja mesin juga turut terkuras karena dipaksa menghasilkan tenaga di luar batas maksimal. 

Jika sangat terpaksa membawa beban melebihi kapasitas maksimal sebaiknya tidak dipakai terlalu jauh, karena selain memberatkan kerja ban dan mesin juga memberatkan kerja shockbreaker motor.

Manfaatkan Layanan Servis Gratis 

Biasanya, jika membeli motor baru, akan tersedia jasa layanan servis gratis. Untuk service gratis sesuai tanggal yang sudah ditentukan. 

Gunakan sebaik mungkin fasilitas service gratis. Jangan terlewat!.

Jauhi Sinar Matahari 

Papaan sinar matahari secara langsung dan sering menyebabkan retakan pada kaca spedometer dan juga membuat warna body motor menjadi kusam dan memudar. 

Ketika parkir, usahakan cari tempat teduh atau gunakan mantel penutup agar motor terlindung dari paparan UV secara langsung.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK