NEWS
DETAILS
Rabu, 08 Feb 2023 09:01 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... bicara tentang ban tentu kita sudah tidak asing lagi.... si karet bundar ini menjadi salah satu bagian yang sangat penting karena jika ban yang kita gunakan ada masalah tentu perjalanan riding kita menggunakan motor kesayangan akan bermasalah pula.

Tentu kawan-kawan sudah tahu tentang ban...... ban memiliki bebrapa fungsi diantaranya sebagai alat pengendali kendaraan, sebagai penahan beban kendaraan termasuk penumpangnya, sebagai penerus gaya dari mesin dan sebagai bagian dari sistem peredam atau suspensi pada sepeda motor.

Ban memiliki waktu hidup juga, namun penggunaan yang salah pada ban membuat kadang ban lebih cepat aus sehingga kita menjadi harus lebih sering mengganti ban dibandingkan biasanya.

Berikut beberapa alasan kenapa ban lebih cepat aus/gundul.

  1. Tekanan angin yang kurang, kurangnya tekanan angin membuat gesekan semakin besar dengan aspal sehingga tingkat keausan pun akan semakin tinggi.
  2. Beban yang berlebih, muatan akan mempengaruhi keausan ban, semakin berat muatan sepeda motor (rider dan boncenger) maka akan semakin cepat ban tersebut aus.
  3. Pengereman dan akselerasi yang berlebihan.
  4. kondisi cuaca, kemarau akan membuat ban lebih cepat aus.

Nah itu beberapa hal yang membuat ban lebih cepat aus alias gundul.... so jangan kaget dan heran kenapa ban yang kita gunakan lebih cepat gundul dibandingkan punya teman. Mungkin salah satu hal yang terjadi pada ban kita ada di penyebab di atas.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK