NEWS
DETAILS
Rabu, 26 Oct 2022 10:07 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Saat hujan turun dengan intensitas yang tinggi maka sudah bisa dipastikan di beberapa daerah akan terjadi genagan air yang cukup tinggi dimana kadang saat hujan dan kita tetap berkendara terdapat resiko harus melewati sejumlah ruas jalan yang tergenang air.

Jika air tergenang  hanya 5-10 centimeter, masih belum jadi masalah. Tapi kalau tinggi air sudah melewati knalpot, tentu mengundang masalah besar.

Salah satu cara aman melewati banjir saat naik sepeda motor adalah  memang hanya dengan menghindarinya. 

Tapi seringkali kita terpaksa harus menerjang banjir karena tidak ada jalan lain yang bisa dilewati.

Jika terpaksa harus menerjang banjir dengan sepeda motor, ada beberapa tips yang bisa diakali biar aman dan motor gak mogok. Ini dia :

Jalan Perlahan

Ini memang cara klasik yang ngak perlu didapat dari buku. Namun berkendara dengan perlahan bisa mengantisipasi adanya jalan berlubang, batu, maupun saluran air yang tidak terlihat.

Jika berkendara dengan kencang ketika menerjang banjir, pasti bisa jatuh dan bukan mustahil mungkin juga akan terseret air. Namun dengan berkendara perlahan, selain lebih aman  bisa menghindari air masuk ke dalam system kelistrikan motor yang menyebabkan mogok.

Sepakbor dan Fairing Terpasang

Sepakbor dan fairing pada sepeda motor berfungsi untuk membelah arus air sehingga dapat meminimalisasi air masuk ke area mesin sepeda motor. 

Selalu pastikan sepakbor dan fairing motormu terpasang pada sepeda motor, terutama  ketika menerjang musim hujan dan banjir.

Tutupi Komponen Penting

Selalu siapkan plastik dan karet ketika berkendara di musim hujan. Tutup komponen-komponen seperti filter udara, tutup oli, dan kabel besi dengan rapat dan jangan biarkan ada celah. Dengan begitu air tidak bisa masuk dan merusak bagian mesin sepeda motor saat menerjang banjir.

Melewati banjir saat naik sepeda motor adalah dengan menghindarinya. Yup, hindari banjir sebisa mungkin. Tapi sering kali kita terpaksa harus menerjang banjir karena tidak ada jalan lain yang bisa dilewati.

Matikan Mesin 

Jika tinggi air melebihi badan motor sebaiknya jika terpaksa menerjang genangan air, pastikan mesin motor  mati agar meminimalisasi risiko mesin rusak dan mogok.

Menunggu Air Surut

Namun cara terbaik ketika berkendara di musim hujan  dengan jalanan  tergenang air, adalah menunggu air hingga surut.  Ini adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan demi bisa menyelamatkan mesin motor, walaupun harus mengorbankan waktu. 

Selain menunggu, bisa cari jalan alternatif, dengan risiko biasanya jalanan lebih jauh dan juga super macet karena orang-orang pun melakukan hal yang sama.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK