NEWS
DETAILS
Selasa, 13 Sep 2022 18:34 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Beberapa pengendara terkadang merokok sambil mengendarai sepeda motor. Namun ada sebuah peraturan yang melarang pengendara sepeda motor untuk merokok sambil mengendarai sepeda motor. Peraturan ini tercantum di sebuah peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 12 tahun 2019 Pasal 6 dimana mengatur mengenai perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat. 

Memang tidak dijelaskan secara mendetail bahwa rokok dilarang, namun mengingat merokok termasuk salah satu kegiatan yang menganggu proses berkendara, jadi kamu bisa mendapatkan hukuman yang masuk dalam Pasal 106 Ayat 1 dengan pidana kurungan paling lama 3 bulan dan denda paling banyak Rp. 750 ribu nih bro. 

Tapi tahu nggak sih alasan kenapa rokok ini dianggap menganggu dan dianggap berbahaya? Nah berikut adalah beberapa alasan kenapa berkendara dengan menggunakan sepeda motor sambil merokok bisa sangat membahayakan bagi diri sendiri maupun bagi orang lain disekitar kita. 

Kurang Maksimal Dalam Mengendarai Sepeda Motor
Mengendarai sepeda motor saat merokok akan menganggu cara berkendara yang baik dan benar. 

Contohnya adalah memagang rem tangan, tuas gas, dan juga kopling pasti akan sangat terganggu. Dengan memegang rokok fungsi pengereman dengan menggunakan tangan juga akan sangat tidak optimal sehingga akan sangat membahayakan bagi pengendara itu sendiri. 

Sebenarnya satu alasan ini saja sudah cukup untuk mewakili bahwa sangat berbahayanya merokok sambil mengendarai sepeda motor. Hal ini juga berlaku ketika kita menggunakan berbagai perangkat lainnya seperti hp, atau perangkat lainnya yang menganggu proses kita melakukan kemudi sepeda motor. 

Mengganggu Konsentrasi
Mungkin kita merasa bahwa saat kita merokok tidak terganggu konsentrasi, namun mungkin orang lain terganggu dengan rokok yang kita hisap. Mungkin alasan ini terlalu sepele tapi sebenarnya ada beberapa kejadian yang terbukti memang rokok menganggu pengemudi lainnya. Sebagai contoh pengendara lain terkena bara api dari rokok, terkena asap rokok, dan lain – lain. 

Lalai Terhadap Keselamatan Berkendara 
Dengan merokok saat mengendarai sepeda motor kita tidak memperhatikan keselamatan berkendara. Para perokok cenderung lebih lebih santai saat merokok dengan berkendara, dengan kewaspadaan yang lebih rendah. Dalam praktiknya kamu pasti tahu kan bahwa waspada adalah modal utama dalam keselamatan berkendara terutama dengan menggunakan sepeda motor? 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK