NEWS
DETAILS
Minggu, 22 May 2022 16:32 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Pasti akan merasa kesel kalau beberapa indikator pada speedometer motor Honda kita sudah mulai ngga bisa terbaca, kadang nongol kadang hilang jadi nga mesti selalu ada.

Apalagi indikator tersebut cukup penting misalnya indikator bensin, kan kita jadi harus buka jok untuk pastikan apakah besinnya masih cukup.

Terlepas dari hal tersebut ternyata memang ngga aneh kalau ada indikator speedometer digital mulai pudar atau hilang, karena model speedometer digital yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) ini memang tidak akan tahan lama / kuat jika motor Honda kita sering parkir atau kita letakkan di tempat ruamg terbuka sehingga LCD nya terpapar langsung sinar matahari atau istilah bekennya Sunburn.

Biasanya LCD tahan dengan gaya terpapar sinar matahari ini paling lama 6 tahun setelah itu akan mulai menunjukkan gejala hilang indikatornya.

So,,, tips pertama agar speedometer digital kita awet, ya usahakan maksimal jangan di parkir atau diletakkan ditempat yang LCD-nya langsung terpapar sinar matahari jika tidak siap-siap Filter Polarizer-nya akan rusak, awalnya buram, redup dan ngeblank dan jika filter Polarizer ini sudah kena obatnya Cuma satu ya kudu diganti.

Tips kedua, kalau memang kita terpaksa selalu parkir motor kita di tempat yang terpapar sinar matahari alangkah baiknya LCD motor Honda kita lapisi dengan plastik Film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil, kita bisa pilih yang 20 persen atau 30 persen bahkan warna plastic filmnya juga banyak pilihan, bisa pake yang bernuansa biru, hijau, atau gelap, intinya kita bisa setting tingkap gelapnya agar indikator di speedometer tetap dapat terlihat.

Tips ketiga dengan selalu merawat / control tegangan batere motor kita masih normal atau sudah mulai terganggu karena kebanyakan batere/aki yang kita pakai merupakan aki kering (free maintenance) jadi kalau sudah mulai rusak ya kudu diganti baru. Efeknya jika aki kita tegangannya sudah tidak stabil maka beberapa fungsi (tombol) di Speedometer LCD kita akan Malfunction bahkan jadi rusak. Idealnya tegangan aki kita berada pada 12 Volt engine off dan 12,6 engine on.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK