NEWS
DETAILS
Jumat, 08 Apr 2022 21:02 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Saat ingin mengisi angin pada ban kadang kita suka dibingungkan mengisinya dengan nitrogen atau angin biasa, pilih nitrogen murni atau dicampur dengan angin biasa. dan agar tidak pusing, kawan-kawan bisa mengikuti penjelasan di bawah ini.

Nitrogen merupakan gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak memiliki kandungan air di dalamnya. Berbeda dengan angin biasa, kandungan gasnya masih ada air.

Alhasil, saat ban diisi dengan angin biasa, akan terasa lebih berat karena terjadi proses pemuaian di dalam ban. Sementara kalau diisi dengan angin nitrogen, ban lebih ringan.

Karena di dalam angin biasa kan ada kandungan airnya, jadi saat dia panas air akan menguap. Ban jadi lebih penuh dan pastinya berat, makanya sering terjadi pecah ban. Minimal ban jadi cepat aus karena tekanannya yang tidak stabil

Nah untuk Nitrogen karena murni tanpa kandungan air, membuat tekanan ban akan lebih stabil. Dibawa berakselerasi pun jadi lebih ringan.

Lalu bagaimana kalau angin biasa dicampur dengan Nitrogen saat pengisian? hal ini akan membuat pengisian menggunakan nitrogen menjadi sia-sia karena NItrogen kembali bercampur dengan angin biasa yang mengandung uap air sehingga tentunya menjadi tidak murni dan akan menyebabkan ban menjadi terasa lebih berat kembali.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK