NEWS
DETAILS
Minggu, 13 Mar 2022 11:14 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Sepeda motor perlu rajin dirawat, bukan hanya mesinnya tapi juga penampilan luarnya. Motor yang setiap hari dipakai pasti akan terkena debu dari jalanan atau bahkan terkena cipratan air hujan. Perawatannya hanya dengan mencucinya saja secara teratur.

Kondisi motor yang selalu bersih akan membuat penampilannya enak dilihat dan komponen luarnya tetap awet. Jika ada noda yang menempel, semakin lama dibiarkan, maka akan semakin sulit dibersihkan.

Noda yang membandel ini bisa membuat body motor terlihat kusam atau bahkan baret-baret. Sisa air dan lumpur juga dibiarkan bisa menimbulkan karat. Untuk itulah perlunya mencuci motor secara teratur.

Mencuci motor sendiri di rumah juga sebenarnya tidak sulit dan tidak memakan waktu yang lama, asalkan sobat tahu tekniknya. Ada beberapa tips mencuci motor sendiri agar tetap bersih dan tidak memakan waktu lama.

Pertama, persiapkan peralatan yang dibutuhkan sebelum mencuci motor. Mulai dari ember berisi air sabun, spons halus, kain lap chamois, dan kain microfiber. Bila tidak ada air mengalir dari selang, sediakan satu ember lagi untuk membilas motor.

Gunakan shampoo khusus motor. Karena zat-zat yang terkandung di dalamnya aman untuk cat atau body motor. Boleh-boleh saja menggunakan sabun cuci piring karena bisa melunturkan minyak, namun hanya untuk bagian-bagian seperti blok mesin, pelek  atau kolong spakbor.

Saat mencuci motor, sebaiknya dilakukan saat pagi atau sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas. Jika ingin mencuci siang hari, usahakan mencuci di tempat yang teduh atau tidak terkena matahari langsung.

Pasalnya, mencuci di bawah sinar matahari langsung bisa menyebabkan sabun yang dibasuh cepat kering dan bisa berjamur.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK