NEWS
DETAILS
Rabu, 26 Jan 2022 10:51 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Saat motor kita mengalami overheat, pertolongan yang harus dilakukan adalah membiarkan mesinnya dingin terlebih dahulu. Biarkan mesin mati, dan kalau bisa kamu bawa ke tempat yang teduh. Lebih baik lagi kalau ada bengkel di sekitar situ, jadi kamu bisa langsung menangani motormu yang memang butuh perhatian lebih.

Setelah mesinnya dingin, cara merawat mesin motor yang overheat adalah dengan membuka katup busi dan mencopot businya. Berikan oli baru melalui lubang busi tersebut. Hal ini adalah jalan singkat agar oli segera melumasi piston dan supaya pergerakannya bisa maksimal.  

Setelah itu nyalakan dan panasi secara perlahan, jangan langsung di geber. Selain berisik, piston motor yang belum tentu terlumasi secara maksimal itu bisa cedera karena kaget akan hentakan gas yang spontan. 

Mencegah motor supaya tidak  overheat salah satunya dengan rutin mengganti oli pada motor. Gunakan oli dengan kualitas maksimal. Walaupun harganya lebih mahal.

Selain itu seiring majunya teknologi pendinginan dari motor, banyak muncul motor yang menggunakan coolant sebagai pendingin. Sesuai dengan namanya, sistem pendingin menjaga suhu motor tetap pada temperatur yang optimal. 

Memanasi motorpun juga jadi hal yang penting untuk menghindari overheat pada motor. Jika kelamaan, besar peluang motormu untuk mengalami overheat. Cukup 2 menit saja untuk memanasi motormu untuk hasil yang optimal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK