NEWS
DETAILS
Minggu, 26 Dec 2021 18:59 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Salah satu komponen yang ada di motor kita yang cukup penting adalah rantai dan gear, komponen ini merupakan penerus daya dari mesin ke bagian roda, pastinya semakin mulus transfer daya-nya ya semakin maksimal tarikan motornya.

Sebelum bicara lebih jauh, ada baiknya segera kita lepas rantai kita dan kita rendam dengan menggunakan air hangat yang sebelumnya kita taburi dengan citrun dan deterjen sedikit. Rendam selama 15 menit lalu kita bilas dengan air, maka jreng jreng,, rantai motor kita akan kembali menjadi muda lagi. Citrun dan deterjen dapat mengangkat kotoran pada rantai motor kita, sehingga segala kotoran rontok tok.

Masalahnya rante dan gear tersebut sering mendapat perlakuan asal aja, semisal sehabis kita berkendara dalam keadaan hujan, alangkah baiknya rantai tersebut kita siram dengan air bersih.

Lebih baik lagi kita sikat pake sikat kawat lanjut melumurinya dengan grease atau gemuk, usahakan jangan menggunakan oli karena jika menggunakan oli akan cepat aus kembali.

Idealnya rante dan gear akan gterlindungi sempurna jika menggunakan greas atau gemuk karena greas tersebut tidak mudah hilang, dapat melindungi rantai dalam waktu lama.

Selain menggunakan gemuk langkah terakhir dengan mengaplikasi  tutup rante penuh/full, ini akan melindungi rante dari air hujan atau kotoran debu atau lainnya. Tinggal kita cek berkala untuk memastikan apakah rantainya masih terlumasi dengan baik oleh gemuk.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK