NEWS
DETAILS
Sabtu, 09 Oct 2021 10:07 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Ada yang mengatakan kalau motor tunggangan kita adalah istri kedua kita, nah kalau seperti itu anggapannya alangkah baiknya jika terjadi kerusakan langsung diatasi agar tidak berkepanjangan.

Contoh seperti jika kampas rem belakang kita sudah aus atau habis, ini mah masalah kecil, tinggal persiapkan beberapa alat-alat sederhana untuk mengganti kampas rem belakang motor kita.

Jika motor menggunakan rem belakang cakram, tinggal siapkan kunci “L” untuk mengeluarkan kampas rem tersebut dari rumah kalipernya.

Sedangkan, jika rem belakangnya masih rem tromol, persiapkan kunci-kuncinya sebagai berikut:

1. Kunci ring 17mm, 12mm, 10mm
2. Obeng min (-)
3. Tang ukuran besar
4. Kunci “T” 12mm

Langkah-langkahnya:

1. Posisikan sepeda motor menggunakan standar tengah

2. Buka mur pada braket panel rem dengan kunci ring 12 (rem tromol)

3. Kendurkan baut pada kaliper dengan kunci “L” 10 (rem cakram)

4. Buka mur as roda dengan kunci ring 17 (rem cakram dan tromol)

5. Setelah as roda dilepas, keluarkan panel rem tromol, lalu lepas kampas rem dengan gunakan obeng min besar.

6. Pasang kampas baru pada as di panel tersebut pada satu sisi terlebih dahulu, lalu masukkan kampas rem satunya lagi, jangan lupa as di kedua sisi panel diberi grease sedikit saja jangan sampai terkena kampas remnya.

Penggunaan grease di sini untuk menghilangkan suara mendecit saat tuas rem diinjak. Suara mendecit ini timbul lantaran as kampas rem pada panel kering. (rem tromol)

7. Keluarkan baut “L” pada kaliper sehingga kampas rem bisa dilepaskan, ganti dengan yang baru.

8. Sebelum kampas rem dilepas, tekan dahulu sisi kampas yang nempel dengan silinder piston kaliper ke dalam, tujuannya agar saat kampas baru dipasang, diskbrakenya bisa muat dimasukkan.
Karena kampas baru kan pastinya lebih tebal sedang kampas lama sudah tipis, jadi silinder piston kaliper maju jauh ke depan, nah tekan kembali supaya menyisakan ruang yang cukup buat kampas baru.

9. Lanjut masing-masing dengan menerapkan kembali bagian-bagian rem tersebut, jangan lupa untuk rem tromol pada mur braket panel tromol ada klip pengaman yang harus dipasang kembali untuk pengaman agar mur tidak kendur/lepas.

10. Sebelum digunakan seting dahulu as panel rem tromol dengan kunci “T” 12, seberapa jauh jarak mainnya tuas rem belakang tersebut, cari yang ideal.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK