NEWS
DETAILS
Selasa, 02 Nov 2021 05:34 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Seperti halnya mesin dan komponen lain di motor, kunci kontak juga perlu dirawat. Kunci kontak sangat penting untuk menyalakan motor ataupun mematikannya dan dipakai juga untuk membuka jok.

Melihat fungsinya yang cukup penting, perawatan kunci kontak tidak bisa diabaikan.

Perawatannya bisa dengan menyemprot lubang kunci kontak dengan cairan pelumas atau penetran. Jangan gunakan oli bekas. Kotoran oli bisa masuk ke lubang anak kunci dan malah menimbulkan kotoran.

Pada beberapa type motor keluaran baru, biasanya sudah dilengkapi dengan penutup untuk lubang kunci. Begitu anak kunci dicabut, cover penutup lubang kunci menutup. Tapi ada juga yang menutupnya secara manual.

Penutup lubang kunci ini manfaatnya agar air atau debu tidak masuk ke lubang tempat anak kunci. Juga sebagai pengaman agar tidak dicongkel maling pakai kunci T.

Lubang anak kunci yang kemasukan air atau kotoran, bisa jadi penghambat. Air yang masuk ke lubang anak kunci dapat menyebabkan karat.

Kotoran yang masuk bisa jadi penghalang anak kunci masuk. Proses memasukkan, menyalakan sampai mematikan mesin hingga mencabut anak kunci dari lubang anak kunci tidak bisa lancar.

Hindari membebani kunci dengan gantungan yang terlalu berat. Karena saat dimasukkan ke lubang anak kunci, bisa memberatkan dan dampaknya lubang kunci akan longgar.

Jangan paksa jika kunci susah masuk ke lubang kunci atau sulit diputar untuk menghidupkan mesin. Cabut dulu anak kunci dari lubangnya dan beri pelumas atau penetran.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK