NEWS
DETAILS
Selasa, 19 Oct 2021 19:40 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Safety riding saat berkendara perlu diterapkan sehari-hari. Bukan hanya saat kita berkendara, tapi dalam hal kelengkapan berkendara seperti berpakaian pun juga harus safety, bro. Sepatu termasuk ke dalam kelengkapan berkendara. Beda jenis motor, tentu beda juga sepatu yang digunakannya, karena harus disesuaikan juga dengan peruntukannya.

1. Sepatu Balap
Sepatu balap dinilai paling aman dari segala jenis sepatu, karena harus melindungi pembalap semaksimal mungkin. Kemampuan sepatu ini untuk menyerap abrasi dan benturan didapat dari pelat di dalam sepatu yang menjadi jaminan keamanan penggunanya. Sepatu balap idealnya juga dibuat seringan mungkin, meskipun terlihat kaku dan keras. Ciri-ciri lainnya dari sepatu balap adalah bagian solnya yang cenderung lembut. Tujuannya adalah agar tidak mengganggu feeling pembalap saat memainkan tuas persneling dan rem.

Fitur lainnya yang wajib ada di sepatu balap adalah slider yang berada di bagian luar sepatu. Bagian ini yang menjadi kontak antara pembalap dengan aspal ketika sedang menikung. Sepatu balap idealnya dipakai di motor balap tipe motor sport dan hanya dipakai untuk keperluan balap saja, bro.

2. Sepatu Adventure/Trail
Saat kita melakukan adventure atau off road, pasti kita akan menemui berbagai jenis medan yang akan kita lalui. Tak jarang medan yang ditawarkan saat off road merupakan tanah dan bebatuan. Maka itu, sepatu adventure atau trail harus khusus agar bisa melindungi kaki dari segala risiko terluka.

Sepatu jenis ini mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap medan-medan tersebut. Sepatu jenis ini juga dibuat tidak sekaku sepatu untuk trail atau motocross.

3. Sepatu Motocross
Sepatu jenis ini kurang lebih sama seperti sepatu adventure. Namun, sepatu motocross umumnya dibuat lebih kaku. Tujuannya adalah untuk melindungi kaki, mulai dari tulang kering ke bawah. Perbedaannya dengan sepatu balap, sepatu motocross tidak dilengkapi dengan slider di bagian luar sepatu dan melindungi kaki lebih tinggi.

4. Sepatu Touring
Sepatu touring bermacam-macam bentuknya, namun semuanya memiliki satu kesamaan. Sepatu jenis ini mampu memberikan perlindungan cukup baik, umumnya dibuat tinggi untuk melindungi bagian pergelangan kaki atau ankle. Sepatu touring juga biasanya dibuat nyaman dan praktis. Meskipun ada yang menggunakan tali untuk mengencangkan, namun untuk membukanya, hanya membutuhkan velcro atau resleting.

5. Sepatu Komuter
Sepatu jenis ini bentuknya paling casual atau normal, karena masih bisa dipakai berkegiatan sehari-hari. Umumnya, sepatu komuter dikombinasikan dengan motor harian. Tidak sedikit juga sobat yang menggunakan sepatu jenis sneaker.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK