NEWS
DETAILS
Senin, 18 Oct 2021 19:37 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..Fungsi sokbreker pada motor cukup penting, bro. Selain untuk meredam kejut saat melewati permukaan jalan yang tidak rata, juga untuk menunjang handling motor saat berkendara. Salah satu masalah yang sering menimpa sokbreker belakang motor adalah bocornya seal karet.

Jika seal sudah rusak dan sokbreker bocor, oli tersebut akan merembes ke mana-mana. Efek yang ditimbulkan dari masalah ini adalah pengendalian motor menjadi kurang nyaman.

Sobat bisa merasakannya dari rebound atau ayunan balik dari sokbreker terlalu banyak. Sehingga, motor terasa mental-mental, karena hanya pegas atau pernya saja yang bekerja.

Selain terasa dari segi handling atau feeling berkendara, untuk mendeteksi kebocoran oli sokbreker belakang bisa juga dilihat secara kasat mata, ada rembesan oli.

Penyebab dari rusaknya seal sokbreker ini bisa karena sudah getas dan mengeras. Lalu, kebiasaan jarang mencuci motor juga bisa menjadi pemicunya. Debu yang menempel pada sokbreker akan terbawa melalui as sokbreker. Partikel debu tersebut merusak seal ketika sokbreker sedang bekerja.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK