NEWS
DETAILS
Minggu, 17 Oct 2021 19:37 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Sering kali saat mengisi bensin, kita melihat ada tempat pengisian angin nitrogen di beberapa pom bensin. Pasti tak sedikit juga sobat yang bertanya-tanya, apa manfaat dari mengisi angin nitrogen pada ban motor. Ternyata, manfaatnya jauh lebih banyak dibandingkan mengisi angin biasa pada ban motor.

Nitrogen adalah gas udara murni yang sudah tersaring dan tidak ada kandungan air di dalam gasnya. Sementara angin biasa, masih terdapat kandungan airnya. Maka itu, ban yang diisi dengan angin nitrogen akan terasa lebih ringan dibandingkan diisi dengan angin biasa.

Air di dalam kandungan angin biasa akan menguap saat panas. Sehingga, ban jadi lebih penuh dan berat. Proses ini juga akan membuat ban motor tidak stabil. Nitrogen yang tidak ada kandungan air akan membuat ban menjadi lebih stabil, saat aselerasi pun jadi lebih ringan. Karena tidak mengandung air, maka komponen ban dan pelek juga jadi lebih terawat.

Nitrogen juga lebih awet berada di dalam ban. Pasalnya, partikelnya lebih besar, sehingga akan membuat nitrogen lebih sulit keluar dari pori-pori ban. Hasilnya, ban menjadi tidak mudah kempes.

Perlu diingat jika sobat ingin melakukan pengisian angin nitrogen pada ban motor. Sebaiknya kuras atau buang dulu semua angin biasa yang ada di dalam ban hingga tak tersisa, baru diisi angin nitrogen.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK