NEWS
DETAILS
Selasa, 12 Oct 2021 19:26 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Setiap pengguna motor wajib hukumnya pakai helm.  Fungsi helm untuk melindungi kepala jika terjadi benturan karena kecelakaan. Saat berkendara, helm selalu melekat di kepala saat Agar nyaman, helm perlu dirawat secara berkala. Tidak perlu kuatir, merawat helm ternyata tidak susah kok.

Helm harus sering dilap dan dipoles agar tetap mengkilap. Jika malas untuk memolesnya, setidaknya dilap dengan kain sesering mungkin. Terutama jika habis terkena hujan. Tujuannya agar kaca helm tidak lecet atau baret-baret.

Mengelapnya juga lebih baik menggunakan kain microfiber. Jangan menggunakan kain lap sembarangan. Usahakan juga untuk memiliki kain khusus untuk helm, tidak dicampur penggunaannya untuk membersihkan yang lainnya.

Untuk menjaga busa helm tetap nyaman dan klop di kepala, sobat bisa menjemur helm. Tujuannya agar bakteri-bakteri di dalam helm hilang dan busanya jadi mengembang kembali. Tapi ingat, saat menjemur jangan terkena matahari langsung.

Untuk menyimpan helm, sebaiknya dimasukkan ke dalam tas helm. Apalagi jika helm lama tidak dipakai. Agar kebersihan helm tetap terjaga, tidak terkena debu atau serangga kecil yang masuk.

Sementara untuk pencuciannya, frekuensi yang paling baik adalah mencuci helm sebulan sekali. Agar bakteri-bakteri yang bercampur keringat hilang dan tidak menimbulkan bau atau jamur.

Saat pemakaian juga sebaiknya sobat hindari meletakkan helm di atas spion atau tangki bensin. Biasakan untuk meletakkan helm di atas jok. Meletakkan helm di atas tangki bensin beresiko merusak kualitas helm akibat terkena uap dari bahan bakar motor.

Terakhir, biasakan pakai balaclava saat berkendara. Agar bagian dalam helm tidak langsung terkena keringat yang nantinya bercampur dengan debu dari jalanan dan semakin membuat helm cepat kotor dan bau. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK