NEWS
DETAILS
Senin, 11 Oct 2021 19:24 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Kelebihan dari sistem injeksi bukan hanya konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit, tapi juga memudahkan kita untuk memahami kerusakan motor. Melalui MIL (Malfunction Indicator Light) yang menyala di speedometer, sobat bisa tahu bagian motor yang mengalami kerusakan dengan tepat.

Jika motor dalam kondisi yang prima, ketika kunci kontak diposisikan ON, maka semua lampu indikator pada speedometer akan menyala kurang lebih selama 3 detik. Setelah itu, lampu akan padam kecuali lampu netral.

Tapi jika lampu indikator injection-nya tidak mati, malah berkedip-kedip, berarti ada masalah dengan salah satu komponen pada sistem injeksi motor.

Ada dua cara untuk membaca kedipan pada MIL, yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh).

Jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas). Untuk mengartikan error system antara satu dengan berikutnya, ada jeda kurang lebih 3-5 detik.

Berikut kode kerusakan motor injeksi Honda yang ditampilkan MIL:

1. Kedipan 1 = Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

2. Kedipan 7 = Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)

3. Kedipan 8 = Sensor TP (Throttle Position)

4. Kedipan 9 = Sensor IAT (Intake Air Temperature)

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK