NEWS
DETAILS
Senin, 04 Oct 2021 06:10 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan..... Ketika kita bawa motor kadang karena kita terterpa angin kita tidak merasakan haus, namun tanpa kita sadari cairan di tubuh kita terus berkurang, berkendara sepeda motor sebagai kegiatan rutin menuju tempat beraktifitas maupun perjalanan jauh sebagai bagian dari aktifitas touring bisa mengakibatkan seorang bikers mengalami kekeringan atau kekuarangan air atau biasa kita kenal dengan DEHIDRASI.

Kekurangan Cairan atau lebih dikenal dengan istilah Dehidrasi merupakan suatu kondisi dimana tubuh kita kekurangan cairan. Seperti kita ketahui, tubuh kita 75%-nya terdiri dari cairan dan dehidrasi ini terjadi apabila terjadi kekurangan cairan hingga lebih dari dua persen.

Tentu kita akan sangat nyaman ketika melakukan perjalanan dengan menggunakan riding gear yang lengkap, ketika di siang hari dengan riding gear itu cairan tubuh kita berkurang melalui keringat namun karena mendapat terpaan dari angin kadang berkurangnya cairan ini tidak kita sadari yang akhirnya kita dehidrasi atau kekurangan cairan.

Dehidrasi ini sangat berbahaya bagi seorang pengendara karena bisa menurunkan konsentrasi sebagai akibat dari berkurangnya jumlah cairan dalam darah yang mengakibatkan berkurangnya juga asupan oksigen menuju otak yang akhirnya menurunkan daya konsentrasi. Dehidrasi ini dapat kita kenali dari beberapa gejalanya yang beberapa diantaranya:

  1. Rasa Haus,
  2. Lelah,
  3. Mulut Kering,
  4. Kepala Pusing,
  5. Warna Urine berubah menjadi kuning (dalam kondisi yang parah warna kuningnya ini akan semakin pekat),
  6. Lemah Otot,
  7. Sakit Kepala.

Jika gejala ini dibiarkan lebih lanjut menurut informasi yang didapat bisa mengakibatkan gangguan pada otak kita yang bisa membuat kita kehilangan kesadaran yang tentu dapat berakibat fatal apabila kita sedang berkendara. Jadi, biasakan untuk berhenti sejenak dan minum agar cairan dalam tubuh kita tidak terlalu banyak hilang.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK