NEWS
DETAILS
Rabu, 14 Mar 2018 07:14 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan... Kalau kita bicara mengenai dalaman isi mesin tentu tidak akan terlepas dari yang namanya oli. Cairan pelumas ini sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran mesin maupun komponen lainnya dalam motor.

Agar kita tidak ada masalah selama menggunakan motor kesayangan kita tentu kualitas oli harus selalu dijaga. Cara menjaga kualitas oli motor dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dari bagaimana cara kita merawat motor anda sendiri. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan motor secara wajar, melakukan servis motor secara rutin, hingga mengganti oli secara berkala.

Lalu buat apa sih sebenarnya oli sehingga harus selalu secara berkala diganti? Berikut admin kasih beberapa fungsi dari oli yang patut kawan-kawan ketahui:

  • Mengurangi gesekan antara komponen mesin motor satu dengan yang lain. Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, mengurangi tenaga yang dihasilkan, menghasilkan kotoran dan panas. Agar gesekan dapat dikurangi maka bagian saling bergesekan dilapisi oli pelumas.
  • Sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan proses pembakaran di dalam silinder dan panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen.
  • Sebagai perapat celah antara piston dengan silinder. Pelumas dapat mengurangi kebocoran kompresi maupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat lapisan oli yang mengisi celah antara piston dan silinder.
  • Sebagai peredam getaran dan suara bising hasil benturan piston, batang piston dan poros engkol. Pelumas untuk melapisi antara bagian tersebut dan meredam benturan yang terjadi sehingga suara mesin lebih halus.
  • Sebagai pembersih kotoran hasil gesekan antar komponen mesin. Pelumas membantu membawa kotoran tersebut sehingga bagian yang bergesekan tetap bersih.
  • Sebagai anti karat, pelumas melapisi bagian logam sehingga menghindari kontak langsung dengan udara atau air.

Bagaimana kawan??? penting sekali kan fungsi dari yang namanya oli ini??? Jangan lupa untuk mengeceknya dan menggantinya secara berkala yah kawan-kawan agar motor kita tetap sehat dan selalu fit kita ajak jalan-jalan.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK