NEWS
DETAILS
Senin, 28 Nov 2022 07:11 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Spakbor adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam motor dan memiliki beberapa fungsi. Spakbor ini biasanya terletak di bagian depan dan belakang motor. Adanya spakbor dapat menjadi pelindung bagi penumpang maupun pengendara agar tidak terkena cipratan air.

Fungsi spakbor kolong yang pertama adalah untuk melindungi kita dari cipratan air. Dalam kondisi ini, ketika motor kita melewati sebuah genangan air, maka hal yang akan dilakukan spakbor adalah menghalangi cipratan baik yang berasal dari roda belakang atau depan.

Fungsi spakbor berikutnya adalah agar kita bisa semakin percaya diri ketika berkendara. Desain spakbor yang sangat apik, elegan dan sporty, sehingga mampu menambah nilai estetika pada motor. Tapi jangan jadikan hal ini alasan untuk memasang spakbor sesuai keinginan. 

Setelah mengetahui apa itu spakbor dan beberapa fungsi di atas, ternyata komponen ini juga memiliki fungsi yang lain. Fungsinya yaitu untuk menambah keamanan dan kenyaman dari pengendara. Jadi pihak produsen telah memikirkan mengapa desain spakbor harus mengikuti badan motor. 

Sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 55 Tahun 2012 Pasal 40 bahwa spakbor merupakan komponen yang wajib terpasang di setiap kendaraan baik motor maupun mobil. Oleh sebab itu, kita tidak boleh menganggap remeh dengan melepas dan memasang spakbor. 

Fungsi spakbor kolong yang berikutnya adalah melindungi komponen lain di dalam motor seperti mesin agar tidak terkena kotoran atau debu. Jika di dalam mesin terdapat tumpukan debu maka hal tersebut akan mengganggu kinerjanya dan motor tidak bisa  berfungsi dengan baik.

Selain mesin, komponen yang juga dilindungi oleh spakbor adalah bagian injeksi. Injeksi ini berfungsi sebagai penghasil pembakaran agar motor bisa digunakan. Jika bagian injeksi ini terkena debu dan tidak segera diatasi, maka proses pembakaran akan terhambat.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK