NEWS
DETAILS
Selasa, 31 May 2022 15:33 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Kelangkaan pasokan chip semikonduktor akibat pandemi memberi dampak besar pada berbagai industri secara global, termasuk pada industri otomotif.  

Akibat kelangkaan komponen tersebut, proses produksi sepeda motor Honda tidak bisa optimal di tengah tingginya permintaan untuk beberapa tipe produk, termasuk diantaranya tipe yang sedang populer di masyarakat. Sehingga waktu inden sepeda motor Honda pun menjadi lebih lama dari biasanya. 

Lalu apa semikonduktor itu dan bagaimana fungsinya? 
Chip semikonduktor sangat penting bagi sejumlah industri, termasuk sepeda motor. Tanpa komponen kecil tersebut, sepeda motor tidak bisa diproduksi dengan sempurna. 

Chip semikonduktor merupakan bahan utama untuk membuat Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari gallium arsenide, germanium, silicon dan lainnya. IC sendiri adalah Komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik (Seperti: Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor) yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil. 

Chip semikonduktor bersifat sebagai isolator listrik (tidak dapat dilalui arus listrik). Namun pada temperatur, arus listrik, atau dalam keadaan tertentu, semikonduktor dapat juga berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik), misal sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.  

Di mana komponen IC itu digunakan di sepeda motor? 
Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam sebuah rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks seperti pembuatan komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya. 

Bagaimana proses pembuatan IC itu? 
Komponen IC dibuat dengan menggunakan Proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak suatu gambar/pola hingga ukuran nanometer (nm). Sehingga dapat diproduksi sebuah IC dengan ukuran kecil. 

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK