NEWS
DETAILS
Kamis, 30 Nov 2023 11:27 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Balapan Motogp Valencia yang digelar di sirkuit Ricardo Tormo merupakan seri pamungkas dari balapan sepeda motor paling bergengsi di dunia, Motogp musim 2023. Dan Marc Marquez berhasil meraih finish ketiga pada Sprint Race yang digelar pada hari Sabtu, (25/11). Raihan tersebut merupakan persembahan yang luar biasa dari Marc Marquez di balapan terakhirnya bersama team Repsol Honda MotoGP.

Selama berada di HRC bersama team Repsol Honda, Marc Marquez telah mencetak sejarah dengan menorehkan prestasi dan rekor terbaik. Pembalap #93 ini telah meraih enam kali gelar Kejuaraan Dunia MotoGP, lima Triple Crown, 59 kemenangan kelas premier, 101 podium, 64 pole, 59 lap tercepat, dan 2.626 poin. Dia mengakhiri tahap perjalanannya bersama HRC sebagai pebalap Honda yang paling sukses dalam hal kemenangan di kelas premier.

Kesuksesan yang diraih Marc Marquez bersama HRC berawal pada tahun 2013 ketika Marquez memenangkan balapan keduanya, menjadi pemenang kelas premier termuda dalam sejarah pada usia 20 tahun 60 hari. Kejuaraan Dunia pertama akan menyusul pada tahun yang sama, rookie hanya kehilangan podium dua kali.

13 kemenangan, termasuk sepuluh kemenangan berturut-turut di awal musim, akan memperkuat Kejuaraan Dunia berturut-turut dan serangkaian rekor baru. Musim pembelajaran akan menyusul pada tahun 2015 saat Marquez menghadapi tahun yang penuh tantangan dengan sejumlah DNF.

Namun seluruh pembelajaran ini akan diterapkan pada tahun 2016 saat pembalap #93 kembali ke jalur kemenangan dan meraih gelar juara kelas premier ketiga. Tahun 2017 dan 2018 mengikuti pola yang sama dengan judul keempat dan kelima muncul segera setelahnya.

Performa Marquez di tahun 2019 akan menjadi tolok ukur baru, tidak hanya untuk Tim Repsol Honda tetapi juga untuk MotoGP secara keseluruhan karena pembalap #93 itu akan finis di posisi dua teratas di setiap balapan yang ia selesaikan. Dengan 420 poin, Juara Dunia delapan kali ini mencetak rekor poin baru dalam satu musim yang hanya bisa dilampaui dengan diperkenalkannya balapan Sprint.

Beberapa momen gemilang terakhir seperti podium kelas premier ke-100 di Australia dan kembalinya podium yang 'romantis' di home race Honda di Jepang di GP Motegi 2023. Dari hari pertama hingga terakhir, kisah Repsol Honda Tim dan Marc Marquez telah menjadi salah satu yang paling sukses dan unik di seluruh motorsport.

"Itu terjadi ketika Anda berjuang untuk kejuaraan. Namun hal terpenting hari ini adalah mengingat semua momen luar biasa yang saya alami bersama HRC dan Tim Repsol Honda, mereka akan menjadi tim dalam hidup saya. Kami telah menulis kisah yang luar biasa bersama-sama dan mereka telah menjadi lebih dari sekedar tim saya, mereka telah menjadi teman dan keluarga saya. Terima kasih atas segalanya sejak 2013, aku tidak akan melupakan kalian semua. " ujar Marc Marquez.

Selanjutnya, Tim Repsol Honda dan HRC tak sabar menerima tantangan bertarung melawan Marc Marquez di musim balap tahun 2024.

 

Sumber : https://honda.racing/motogp/post/motogp-2023-rd20-race-repsol

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK