NEWS
DETAILS
Selasa, 18 Jul 2023 18:00 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Pangalengan merupakan kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk kawan-kawan yang sering berkunjung ke kota kembang, mungkin sudah tidak asing dengan lokasi ini ya.

Lokasi ini dikenal sebagai daerah perkebunan, peternakan dan pertaniannya, tak heran kalau Pangalengan menjadi salah satu tujuan wisata.

Untuk kawan-kawan yang ingin menikmati keindahan dan kesejukan alam dataran tinggi, berikut rekomendasi tempat wisata yang ada di Pangalengan.

Kampung Singkur
Kampung Singkur merupakan salah satu tempat wisata yang bisa Moms kunjungi saat ke pangalengan. Selain menikmati keindahan alamnya, lokasi ini juga memberukan beragam wahana seperti arung jeram, paint ball, flying fox dan tubung trip.

Perkebunan Teh Malabar
Lokasi wisata alam lain yang bisa dinikmati saat ke Pangalengan adalah perkebunan teh Malabar. Disini kawan-kawan dapat melihat keindahan pohon teh seluas 2000 hektar di atas ketinggian 1550 meter di atas permukaan laut. Karena keindahannya, perkebunan Teh Malabar ini juga bisa dijadikan spot foto yang instagramable.

Perkebunan Teh Cukul
Kebun teh lain yang juga bisa dikunjungi saat ke Pangalengan, Jawa Barat adalah Perkebunan Teh Cukul. Tak jauh dari perkebunan terdapat sebuah danau yang indah dan bisa dijadikan spot foto instagramable. Selain melihat hamparan kebun teh, di lokasi ini juga bisa berburu sunrise.

Rumah Putih Cukul
Kawasan Cukul dapat dikatakan memiliki berbagai objek wisata yang bisa dinikmati. Selain perkebunan teh dan danau, di lokasi ini juga terdapat sebuah Villa Jerman yang disebut Rumah Putih Cukul. Nama tersebut diambil karena bangunan rumah klasik ini memiliki gaya arsitektur khas tradisional Eropa dan berwarna putih

Walaupun dibangun sejak zaman Belanda, tetapi rumah ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan sempat dijadikan lokasi syuting beberapa film horor Indonesia.

Curug Penganten
Selain perkebunan teh, pangalengan juga memiliki tempat wisata alam lain berupa air terjun, yaitu Curug Penganten. Nama tersebut memiliki arti air terjun pengantin dalam bahasa Sunda. Masyarakat setempat memberikan nama tersebut, lantaran terdapat dua aliran air terjun yang saling berdampingan seperti sepasang pengantin. Air sungai disini sangat bersih dan jernih, sehingga tidak perlu ragu untuk berendam sambil menikmati kesegaran udara di tempat tersebut. Selain itu, juga bisa menikmati keindahan pepohonan hijau yang ada di sekitarnya.

Curug Ceret
Tak hanya satu, Pangalengan juga memiliki lokasi wisata air terjun lain, yaitu Curug Ceret. Nama ini diambil dari Bahasa Sunda yang judulnya, air terjun yang menyiprat karena selalu membasahi jalanan. Air terjun setinggi 5 meter ini sangat indah saat matahari sedang cerah dan memantulkan cahayanya di atas aliran, sehingga menghasilkan pelangi mini.

Keindahan warna pelangi dan kejernihan airnya membuat Curug Ceret semakin indah. Tak heran, kalau lokasi ini dijadikan sebagai tujuan wisata di Pangalengan.

Situ Cileunca
Objek wisata lain di Pangalengan yang bisa Moms kunjungi adalah Situ Cileunca. Danau buatan seluar 1400 hektar ini merupakan salah satu tempat favorit para wisatawan saat datang ke lokasi ini. Salah satu spot paling terkenal di lokasi ini adalah Jembatan Cinta dan sering dijadikan tempat untuk berforo para wisatawan. 

Sungai Palayangan
Pecinta arung jeram wajib berkunjung ke Sungai Palayangan yang ada di Pangalengan, Jawa Barat. Area rafting di sungai yang mengalir dari Situ Cileunca ke Hutan Pinus Rahong ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam. Sungai yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini ideal bagi kalangan pemula ataupun yang telah mahir dalam arung jeram.

Keistimewaan rafting di sungai ini adalah tepi sungainya merupakan kawasan hutan dan kebun. Mulai dari hutan pinus, kebun teh, dan kebun sayur-sayuran akan menemani sepanjang perjalanan menyusuri sungai.

Hutan Pinus Rahong
Hutan wisata berupa pepohonan pinus ini telah menjadi destinasi wisata populer di Pangalengan Bandung sejak beberapa tahun lalu. Suasananya yang sejuk dengan panorama alam yang memukau membuat pengunjung betah berlama-lama. Tak hanya itu, pepohonan di daerah resapan air ini dimanfaatkan getahnya dan batang kayunya untuk pembuatan tripleks. 

Penangkaran Rusa Kertamanah
Saat berkunjung ke Pangalengan, jangan lupa untuk berkunjung ke Penangkaran Rusa Kertamanah. Tempat wisata ini sangat cocok untuk yang ingin bersantai di kawasan dataran tinggi. Penangkaran yang berlokasi di kawasan Kertamanah ini menjadi habitat bagi sekumpulan populasi rusa.  

Pemandian Air Panas Cibolang
Pemandian Air Panas Cibolang terletak di tempat yang cukup indah karena dikelilingi oleh hutan pinus, kaliandra dan perkebunan lainnya. Tempat wisata ini juga terbilang sangat bagus. Karena selain menyediakan kolam air panas, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk gasibu untuk beristirahat dan juga tempat penitipan barang.

Gunung Artapela
Gunung yang telah berstatus tidak aktif ini memiliki ketinggian 2.194 meter di atas permukaan air laut. Destinasi ini menjadi pilihan favorit di kalangan pendaki pemula. Meski tidak begitu tinggi untuk didaki, Gunung Artapela menawarkan pemandangan yang begitu indah. Terdapat kawasan padang rumput dan Danau Aul yang menjadi spot favorit di gunung ini. Momen matahari terbit dan matahari senja juga menjadi hal yang selalu ditunggu-tunggu saat melakukan pendakian di sini.

Gunung Wayang
Gunung wayang merupakan destinasi wisata di Pangalengan yang tidak boleh dilewati. Saat akan mendaki gunung ini, kawan-kawan akan dimanjakan dengan keindahan kebun teh milik warga sekitar. Untuk mencapai puncaknya, kawan-kawan harus mendaki selama dua jam. Namun, selama proses pendakian, sebaiknya kawan-kawan berhati-hati karena medan yang dilewati sangat curam, sehingga rawan terpeleset atau jatuh.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK