NEWS
DETAILS
Rabu, 05 Jul 2023 15:10 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

 

Kawan-kawan.... Udara yang sejuk setelah hujan memang menggoda untuk keluar rumah dan jalan-jalan naik motor sejenak. Namun, kesejukan ini juga tak jarang memancing rasa kantuk naik motor. Selain kondisi cuaca yang bikin mager ini, kemacetan tanpa ujung di jalan juga rentan membuat pengendara motor mengantuk.

Tentu saja rasa kantuk ini harus diusir. Karena jika tidak, keamanan dan keselamatan berkendaralah yang jadi taruhannya. Ada langkah-langkah gampang yang bisa Anda coba di jalan, untuk mengurangi, bahkan menghilangkan rasa kantuk tersebut.

Gerak-gerakkan tubuh

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah menggerak-gerakkan tangan atau kaki, ketika motor sedang berhenti di kemacetan atau lampu merah, misalnya. Namun, jangan melakukan gerakan berlebihan, karena selain membuat Anda berisiko terjatuh dari motor, juga memancing orang-orang di sekitar untuk memvideokan kita dan mempostingnya di medsos diam-diam.

Mainkan gas motor

Cobalah untuk sesekali menggeber gas, dan melepaskannya pelan-pelan. Cara ini ampuh untuk membuat perjalanan Anda tak lagi monoton dan membosankan. Dengan begitu, Anda pun bisa terhindar dari rasa kantuk.

Bernyanyi kecil

Kawan-kawan bisa bernyanyi-nyanyi kecil untuk membangkitkan konsentrasi berkendara dan menghindari rasa kantuk. Namun ingat, jangan pakai headset, karena kita bisa saja jadi tidak sadar kalau suara kita terlewat keras dan malah mengganggu pengguna jalan lain. Di samping itu, penggunaan headset juga berisiko membuat kita tidak waspada dengan keadaan di sekitar.

Beristirahat

Tentu saja, ‘obat’ yang ampuh untuk mengusir ngantuk di jalan adalah beristirahat atau tidur. Cari lokasi yang aman untuk menepi dan beristirahat sejenak, misalnya SPBU terdekat. Selain itu, Kita disarankan untuk beristirahat setiap menempuh perjalanan selama 2,5 jam, terutama jika berkendara dalam jarak jauh. Sebab, tubuh yang kelelahan, rentan terserang rasa kantuk.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK