NEWS
DETAILS
Rabu, 06 Oct 2021 06:17 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Sebagian besar orang menganggap tutup pentil hanyalah benda kecil sebagai pelengkap kendaraan saja. Pasalnya ketika penutup ini tak sengaja jatuh, tidak akan membuat ban kempes.

Namundi balik kecilnya penutup pentil atau biasa disebut valve cap ini sebenarnya memiliki beberapa manfaat yang penting untuk kendaraan. Jadi jangan heran ketika valve cap hilang, Anda bisa kena tilang polisi.

Berikut beberapa fungsi dari benda kecil tersebut.

Mencegah Masuknya Kotoran atau Benda Asing

Pentil perlu ditutup agar terhindar dari kemasukan kotoran atau benda asing. Misalnya debu, pasir, benda keras, atau kotoran lainnya yang bisa dijumpai sepanjang perjalanan. Di dalam pentil ban sendiri terdapat beberapa komponen penting.

Ketika pentil tidak ditutup dan kemasukan kotoran, ini akan berakibat mengotori komponen-komponen penting pada pentil. Salah satu komponen penting tersebut ialah sil karet.

Menjaga Tekanan Angin

Fungsi lain dari tutup pentil motor atau mobil yaitu untuk menjaga tekanan angin dalam ban agar tidak keluar atau bocor. Walaupun tanpa ditutup, angin dalam ban tak akan keluar. Dengan ditutup, ini akan mencegah keluarnya angin saat terjadi tekanan tak terduga.

Mencegah Potensi Ban Pecah

Saat kendaraan digunakan untuk melaju di jalanan, perlu tekanan ban yang ideal. Jika tekanan udara pada ban berkurang, ini akan membuatnya menjadi tidak stabil.

Mencegah Kemasukan Air

Tutup pentil motor juga memiliki fungsi lain, yaitu untuk mencegah masuknya air pada ban. Pada bagian dalam ban terdapat bahan logam yang akan berkarat atau mengalami korosi ketika bersentuhan langsung dengan air.

Korosi ini bisa terjadi pada katup yang kemudian membuatnya mengalami kebocoran. Oleh karena hal di atas, maka sangat penting untuk menjaga pentil agar tak kemasukan air.

Sebagai Dekoratif/Hiasan

Tak hanya fungsi yang penting, tutup pada pentil juga memiliki fungsi estetis sebagai hiasan.

Tutup ini tersedia dalam berbagai jenis, baik bentuk dan bahan pembuatnya. Beberapa jenis memang sengaja dirancang sebagai tutup untuk mempercantik tampilan ban kendaraan bermotor.

Sebagai dekorasi, valve cup jenis ini memiliki bermacam bentuk dan warna. Misalnya dengan warna-warna cerah, bentuk ujung tutup yang lancip, menyerupai bola, tengkorak, dadu, dan lain sebagainya.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK