NEWS
DETAILS
Kamis, 07 Oct 2021 10:24 - Ikatan Motor Honda Jawa Barat

Kawan-kawan.... Sebagian dari kita pasti sering mendengar kata pamali. Pamali dalam bahasa Indonesia berarti tabu. Di Ciamis, tepatnya di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, ada sebuah kampung yang masih menjaga nilai-nilai pamali tersebut, yaitu Kampung Adat Kuta.

Budaya pamali ini tetap dilestarikan oleh masyarakat setempat untuk menjaga keharmonisan alam yang telah memberi mereka hasil untuk dinikmati dalam kehidupan sehari-hari. Sama seperti dua kampung adat sebelumnya, rumah di sini juga seragam. Dibangun dengan struktur rumah panggung beratap daun rumbia.

Selain budaya pamali, masyarakat Kampung Adat Kuta juga masih taat menjalankan upacara adat mereka yaitu Upacara Nyuguh yang dilaksanakan sebelum tanggal 25 Shafar berdasarkan kalender Hijriah. Masyarakat di sini mempercayai bahwa mereka harus menjalankan upacara adat ini di pinggir Sungai Cijolang untuk mendapat berkah hasil panen.

Upacara ini terbuka untuk umum, lho. Kita bisa melihat ritual adat masyarakat Kampung Kuta, dan menyaksikan hiburan pada malam harinya. Nah, kalau tertarik untuk berkunjung, kampung adat ini juga menyediakan fasilitas home stay. Jangan bayangkan fasilitas home stay ini seperti hotel ya, sebab kita akan menginap di rumah warga. Dengan begitu, kita bisa merasakan hidup sebagai masyarakat adat di Kampung Kuta.

RELATED
NEWS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK